Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD Kelas V ditinjau dari Keterampilan Metakognitif

Erdi Guna Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa SD kelas V ditinjau dari keterampilan metakognitif. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posstest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus 8 Kota Singkawang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Kelompok eksperimen adalah kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POE dan kelompok kontrol adalah kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data  dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes untuk keterampilan proses sains dan menggunakan kuesioner untuk keterampilan metakognitif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur  dan uji tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran POE dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional (FA=35,09;p<0,05);2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran POE dan keterampilan metakognitif terhadap keterampilan proses sains siswa (FAB=7,759;p<0,05);3) pada siswa yang memiliki keterampilan metakognitif tinggi, terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran POE dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Q=8,79;p<0,05);4) pada siswa yang memiliki keterampilan metakognitif rendah, tidak terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran POE dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Q=3,17;p>0,05).

Keywords


POE; Keterampilan Metakognitif; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, S E dkk. 2013. Pembelajaran Biologi Model POE (Prediction, Observation, Explain) Melalui Laboratoriumrill dan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri Vol.2 No.3 2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nuraini, N dkk. 2014. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) Disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bio-Edukasi Vol.7 No.1. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Toharudin, dkk. 2011. Membangung Literasi Sains Peserta Didik. Bandung :Humaniora.

Suma, K. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Peningkatan Penguasaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 43 No.1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rezba, RJ.,.Sprague C.R., McDonnough, TJ.,& Matkins, JJ. 2006. Learning & Assessing Science Process Skills, Fifth Edition. USA: Hunt Publishing.

BSNP. 2007. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Martin, M O dkk. 2015. TIMSS 2015: International Results in Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Indriani. 2016. Peringkat PISA Indonesia Alami Peningkatan. http://www. antaranews.com/berita/600165/ peringkat-pisa-indonesia-alami-peningkatan. Diakses pada tanggal 18 Januari 2016.

Sari, M. 2012. Usaha Mengatasi Problematika Pendidikan Sains di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jurnal Al-Ta’lim jilid 1 No.1. Padang: IAIN Imam Bonjol.

Napitupulu, E L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/ Prestasi.Sains.dan.Matematika. Indonesia.Menurun. (diakses tanggal 4 Februari 2017).

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schunk, D H. 2012. Learning Theories: an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparno, P. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanatha Dharma.

White, R. & Gunstone, R. (1992). Prediction-observation-explanation. In: R White and R Gunstone (eds), Probing Understanding, (pp 44-64). London: The Falmer Press.

Restami, M.P., Suma, K., & Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pem-belajaran POE (Predict, Observe and Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 2013.

Simons,P.R.J. 1996. Metacognition in E. De Corte & F.E Weinert (Eds). International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. Oxford, UK: Elsevier Science.

Flavell, J.H. 1976. Metacognitive Aspects of Problem Solving In L.B. The Nature of Intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.