Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD Kelas V ditinjau dari Keterampilan Metakognitif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wahyuni, S E dkk. 2013. Pembelajaran Biologi Model POE (Prediction, Observation, Explain) Melalui Laboratoriumrill dan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri Vol.2 No.3 2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nuraini, N dkk. 2014. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) Disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bio-Edukasi Vol.7 No.1. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Toharudin, dkk. 2011. Membangung Literasi Sains Peserta Didik. Bandung :Humaniora.
Suma, K. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Peningkatan Penguasaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 43 No.1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rezba, RJ.,.Sprague C.R., McDonnough, TJ.,& Matkins, JJ. 2006. Learning & Assessing Science Process Skills, Fifth Edition. USA: Hunt Publishing.
BSNP. 2007. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.
Martin, M O dkk. 2015. TIMSS 2015: International Results in Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Indriani. 2016. Peringkat PISA Indonesia Alami Peningkatan. http://www. antaranews.com/berita/600165/ peringkat-pisa-indonesia-alami-peningkatan. Diakses pada tanggal 18 Januari 2016.
Sari, M. 2012. Usaha Mengatasi Problematika Pendidikan Sains di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jurnal Al-Ta’lim jilid 1 No.1. Padang: IAIN Imam Bonjol.
Napitupulu, E L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/ Prestasi.Sains.dan.Matematika. Indonesia.Menurun. (diakses tanggal 4 Februari 2017).
Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schunk, D H. 2012. Learning Theories: an Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno, P. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanatha Dharma.
White, R. & Gunstone, R. (1992). Prediction-observation-explanation. In: R White and R Gunstone (eds), Probing Understanding, (pp 44-64). London: The Falmer Press.
Restami, M.P., Suma, K., & Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pem-belajaran POE (Predict, Observe and Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 2013.
Simons,P.R.J. 1996. Metacognition in E. De Corte & F.E Weinert (Eds). International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. Oxford, UK: Elsevier Science.
Flavell, J.H. 1976. Metacognitive Aspects of Problem Solving In L.B. The Nature of Intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.