Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa
Abstract
Penerapan Pendidikan karakter merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan yang lebih bermoral. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis keteladanan guru dalam penerapan pendidikan karakter disekolah. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa penerapan pendidikan karakter disekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah, tetapi guru memegang peranan penting dalam pencapaian program tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan pendidikan karakter disekolah bergantung dari sejauh mana guru tersebut bisa menjadi teladan siswa-siswinya sehingga untuk mewujudkan siswa yang berkarakter diperlukan guru yang berkarakter pula.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jakarta: Prenada Media Grup.
Koesoema, D. (2006). Pendidik Karakter (di zaman keblinger) Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan pendidik.
Ace Suryadi, D. B. (2004). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: PT Genesindo.
Kesuma, D. (2007). Pendidikan Karakter (Strategi Pendidikan Anak DI ZamanGlobalisasi). Jakarta: PR Grasindo.
Budimanjaya, W. S. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Prenada Media Group.
Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.
Agus Wijaya, N. P. (2015). Kepemimpinan Berkarakter. Surabaya : Brilian Internasional.
Sunaryo. (2004). Psikologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Parkinson, M. (2004). Personality Questionnaires (memahami Kuesioner Kepribadian. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (landasan, Pilar, Dan Impelmentasi). Jakarta: Prenada Mesdia Group.
Nuraini, A. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI PRESS.
Nuh, M. (2019, Agustus 30). Desain Induk Pendidikan Karakter. Retrieved from pendikar.dikti.go.id.: pendikar.dikti.go.id.gdp/wp-contain/upload/desain-induk-pendidikan-karakter-kemdiknas,pdf
Wahyunianto, S. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter. Sleman: CV Budi Utama.
Zulhijrah, Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. TADRIB (Jurnal Pendidikan Islam), 10,2015.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah (konsep, teori dan aplikasinya). Jakarta: Prenada Media Goup.
Cece Abdulwaly, F. J. (2016). Mendidik Dengan Teladan Yang Baik. Yogyakarta: Laksana.
Dahlan, M. (2018). Menjadi Guru Yang Bening Hati (Strategi Mengelola Hati di Abad Modern). Yogyakarta: Penerbit Deepublish ( Group Penerbitan CV Budi Utama).Karakter. Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.