Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa

Deni Sutisna, Dyah Indraswati, Muhammad Sobri

Abstract


Penerapan Pendidikan karakter merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan yang lebih bermoral. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis keteladanan guru dalam penerapan pendidikan karakter disekolah. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa penerapan pendidikan karakter disekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah, tetapi guru memegang peranan penting dalam pencapaian program tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan pendidikan karakter disekolah bergantung dari sejauh mana guru tersebut bisa menjadi teladan siswa-siswinya sehingga untuk mewujudkan siswa yang berkarakter diperlukan guru yang berkarakter pula.


Keywords


Keteladanan Guru; Karakter

Full Text:

PDF

References


Jakarta: Prenada Media Grup.

Koesoema, D. (2006). Pendidik Karakter (di zaman keblinger) Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan pendidik.

Ace Suryadi, D. B. (2004). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: PT Genesindo.

Kesuma, D. (2007). Pendidikan Karakter (Strategi Pendidikan Anak DI ZamanGlobalisasi). Jakarta: PR Grasindo.

Budimanjaya, W. S. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Prenada Media Group.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Agus Wijaya, N. P. (2015). Kepemimpinan Berkarakter. Surabaya : Brilian Internasional.

Sunaryo. (2004). Psikologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Parkinson, M. (2004). Personality Questionnaires (memahami Kuesioner Kepribadian. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter (landasan, Pilar, Dan Impelmentasi). Jakarta: Prenada Mesdia Group.

Nuraini, A. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI PRESS.

Nuh, M. (2019, Agustus 30). Desain Induk Pendidikan Karakter. Retrieved from pendikar.dikti.go.id.: pendikar.dikti.go.id.gdp/wp-contain/upload/desain-induk-pendidikan-karakter-kemdiknas,pdf

Wahyunianto, S. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter. Sleman: CV Budi Utama.

Zulhijrah, Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. TADRIB (Jurnal Pendidikan Islam), 10,2015.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah (konsep, teori dan aplikasinya). Jakarta: Prenada Media Goup.

Cece Abdulwaly, F. J. (2016). Mendidik Dengan Teladan Yang Baik. Yogyakarta: Laksana.

Dahlan, M. (2018). Menjadi Guru Yang Bening Hati (Strategi Mengelola Hati di Abad Modern). Yogyakarta: Penerbit Deepublish ( Group Penerbitan CV Budi Utama).Karakter. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.