Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Scientific Terintegrasi dengan Multimedia Interaktif pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 10 Singkawang Utara

Arnold Jacobus

Abstract


Salah satu permasalahan yang dialami peserta didik kelas VI SD Negeri 10 Singkawang Utara dalam pembelajaran IPA adalah kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran dan  nilaipeserta didik selalu rendah. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui pendekatan scientific terintegrasi dengan multimedia interaktif.Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan pendekatan pembelajaran tersebut, peserta didik dapat terlibat aktifmengikuti pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari prasiklus dengan nilai rata-rata 63 meningkat 78 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 96 pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Sapriati A., dkk. 2008.

Ragam Model dan Metode Pembelajaran IPA. Malang: PT. Pertamina (Persero) - Universitas Negeri Malang. Zubaidah, dkk. 2012.

Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Penyusun Kurikulum 2013.

Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Nasution N.,dkk. 2002.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Wardhani I., dkk. 2007. Wardhani I., dkk. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.