The Impact of the Implementation of the Tai Type Cooperative Learning Model on Mathematics Learning Outcomes at SMKN 2 Bukit Batu Flight
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.
Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2021). Model pembelajaran inovatif untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Deepublish.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning disertai pendekatan visual thinking pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition) sebagai salah satu strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203–211. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13–17. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.4948
Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 272–281.
Imamuddin, M. (2022). Merancang model pembelajaran matematika kontekstual Islami berbasis literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Phasa, K. C. (2020). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. 10.31004/basicedu.v5i4.1235
Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5829
Puspitasari, I. A., Azainil, A., & Basir, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75–92.
Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran talkingstick berbantuan media wordwall pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5901
Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342
Ruli, E., & Indarini, E. (2022). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 221–228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5203
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan model pembelajaran matematika sd berbasis permainan tradisional indonesia dan pendekatan matematika realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21
Setiawan, Y. E. (2020). Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Aplly) dalam Pembelajaran Matematika.
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: systematic literature review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v10i1.6900
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning)
e-ISSN : 2477-8478
p-ISSN : 2477-5924

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JETL Indexed by:
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.










