Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli

Amallia Putri

Abstract


Sasaran sistem konseling adalah menyediakan kondisi dimana dapat menolong klien agar bisa mengembangkan kekuatan psikologis untuk mengevaluasi perilakunya sekarang  dan  bisa mendapatkan perilaku yang lebih efektif. Proses belajar berperilaku efektif ini difasilitasi dengan menciptakan lingkungan konseling yang hangat dan aplikasi berbagai prosedur konseling. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kualitas hubungan antar pribadi yang baik konselor dan klien. Konseling sebagai sebuah profesi yang digambarkan dengan tampilan konselornya. Konselor profesional merupakan figur yang dapat menampilkan dirinya sebagai teladan. Di antara kompetensi konselor, yang paling penting adalah kualitas pribadi konselor  karena konselor sebagai pribadi harus mampu menampilkan jati dirinya secara utuh, tepat, dan berarti, serta membangun hubungan interpersonal  yang baik sehingga menjadi motor penggerak keberhasilan layanan. Pribadi konselor merupakan ‘instrumen’ yang menentukan hasil positif dalam proses konseling, sebab inti dari proses terapeutik dalam konseling yaitu hubungan yang dibangun antara konselor dan konseli. Sehingga kualitas pribadi konselor merupakan hal yang esensial bagi konselor untuk mencapai tujuan dalam proses konseling.

Full Text:

PDF

References


Sanyata, Sigit. 2006 . Perspektif Nilai Dalam Konseling : Membangun Interaksi Efektif antara Konselor – Klien. Jurnal: Diterbitkan pada Jurnal Paradigma, No. 02 Th. I, Juli 2006 ISSN 1907-297X Universitas Negeri Yogyakarta

Cavanagh, ME. 1982. The Counseling Experience : A Theoretical and Practical Approach. Monterey. California : Brooks/Cole Publishing Company.

Corey, G. 1986. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta : Alfabeta

Tyler, L. E. 1969. The Work Of The Counselor. New York. Appleton Century Crofts, Inc.

Okun, Barbara F,. 2002. Effective Helping : Interviewing and Counseling Techniques. Canada. Wadsworth Group.

Geldard, D, dan Geldard, K,. 2001. Basic Personal Counselling : Training Manual forCounsellors. Australia : Peardon Education, Inc.

Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Seventh Edition. Belmont : Brooks/Cole Thompson Learning.

Willis, Sofyan S. 2007. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

ABKIN. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Remley, TP, Jr. 2005. Ethical, Legal and Professional Issues in Counseling. New Jersey. Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.