STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA: SEBUAH STUDI PUSTAKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri secara utuh meliputi: 1) pengertian harga diri, 2) komponen layanan bimbingan dan konseling, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri rendah, 4) upaya meningkatkan harga diri, 5) strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Santrock, J. W. (2007). Adolesence. New York: McGraw Hill & CO.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendidikan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi 5. Surabaya: PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga.
Mruk, C. J. (2006). Self-Esteem research, theory, and practice: toward a positive psychology of self esteem 3rd edition. New York: Manufacturing Group.
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156.
Awlawi, A. H. (2013). Teknik Bermain Peran Pada Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem. Konselor, 2(1)
Irawati, N., & Nurahma, H. (2012). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Jurnal Econo Sains.
Utami (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 130–150.
Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelakasanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents Of Self Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman dan Co.
Baroon, R. A., & Byrne, D. (2003). Social Psychology. Pearson Education.
Baihaqi, M. (2011). Psikologi Pertumbuhan. Bandung: Rosda Karya.
Bakar A., & Luddin, M. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.
Guindon, M. H. (2010). Self Esteem Across The Lifespan: Issues and Interventions. New York: Taylorand Francis Group, LCC.
Bhakti, C. P., Kumara, A. R., & Safitri, N. E. (2017) Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Tingkat SMP tentang Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 11-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.