STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA: SEBUAH STUDI PUSTAKA

Heru Hermawan, Gantina Komalasari, Wirda Hanim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri secara utuh meliputi: 1) pengertian harga diri, 2) komponen layanan bimbingan dan konseling, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri rendah, 4) upaya meningkatkan harga diri, 5) strategi layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan harga diri.


Keywords


Harga Diri; Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Santrock, J. W. (2007). Adolesence. New York: McGraw Hill & CO.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendidikan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi 5. Surabaya: PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga.

Mruk, C. J. (2006). Self-Esteem research, theory, and practice: toward a positive psychology of self esteem 3rd edition. New York: Manufacturing Group.

Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156.

Awlawi, A. H. (2013). Teknik Bermain Peran Pada Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem. Konselor, 2(1)

Irawati, N., & Nurahma, H. (2012). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Jurnal Econo Sains.

Utami (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 130–150.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelakasanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Coopersmith, S. (1967). The Antecedents Of Self Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman dan Co.

Baroon, R. A., & Byrne, D. (2003). Social Psychology. Pearson Education.

Baihaqi, M. (2011). Psikologi Pertumbuhan. Bandung: Rosda Karya.

Bakar A., & Luddin, M. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Guindon, M. H. (2010). Self Esteem Across The Lifespan: Issues and Interventions. New York: Taylorand Francis Group, LCC.

Bhakti, C. P., Kumara, A. R., & Safitri, N. E. (2017) Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Tingkat SMP tentang Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 11-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.