PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMKN 5 SINGKAWANG

Bayu Sentana, Slamat Fitriyadi, Dian Mayasari

Abstract


Perilaku agresif merupakan perilaku yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang dimaksudkan untuk menyakiti, melukai, dan merugikan orang lain baik individu maupun kelompok dengan niat atau kesengajaan baik secara verbal maupun nonverbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan faktor penyebab siswa berperilaku agresif di SMKN 5 Singkawang, (2) mendeskripsikan peran Guru BK dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 5 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini mengenai peran Guru BK dalam menangani perilaku agresif siswa di SMK N 5 Singkawang dapat disimpulkan bahwa (1) Faktor penyebab siswa berperilaku agresif verbal adalah karena konflik antar siswa, konflik antar kelas, perbedaan pendapat, dan bosan di kelas, serta cara mengajar guru yang unik dan faktor penyebab siswa berperilaku agresif nonverbal adalah karena Frustasi, masalah dalam keluarga, nilai yang tidak tuntas, stres karena beban pelajaran dan peringkat yang turun. (2) Peran Guru BK dalam menangani siswa yang berperilaku agresif verbal adalah dengan menyelidiki permasalahan siswa tersebut, melakukan pemanggilan, menjadi mediator antar siswa dan memberikan pengarahan tentang dampak negatif dan kerugian akibat perilaku agresifnya tersebut dan peran Guru BK dalam menangani siswa yang berperilaku agresif nonverbal adalah dengan melakukan pemanggilan terhadap siswa, mencari tau permasalahannya, bekerja sama dengan Wali Kelas, melakukan pemanggilan terhadap orang tua atau wali, dan melakukan kunjungan ke rumah siswa (home visit) untuk membantu menyelesaikan permasalahannya.

Keywords


Pendidikan; Peran guru Bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif

Full Text:

PDF

References


Awaluddin & Herdi. (2015). Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling/Konselor (GuruBK/K) Lulusan Diklat Program Alih Fungsi Di Provinsi DKI Jakarta Jurnal Psiko-Edukasi, Universitas Negeri Jakarta. Vol. 13 (1).

Khotimah, H. N. (2015). Upaya Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Sosiodrama Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Bimbingan dan Konseling, Vol. 11 (4).

Kurniawan. A. (2014). Efektifitas Konseling Kelompok Teman Sebaya dalam Mereduksi Perilaku Agresif Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Perpustakaan.upi.edu. diunduh pada 15 April 2017.

Netrasari, E. (2015). Studi Kasus Perilaku Agresif reaja di Pondok Pesantren. Jurnal Bibingan dan Konseling. Vol. 5 No. 4.

Olive & Astria. (2008). Perilaku Agresif Ditinjau Dari Jenis Tontonan Fiml Pada Siswa SAN 70 Jakarta Selatan”. Vol. 6 (2).

Riswandi, A. B. P. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Peserta Didik di SMKN 2 Palangka Raya. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Vol 1 (2).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siddiqah, L. (2010). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikologi. Vol. 37 (1).

Susanti. R. (2010). Konseling Islami Terhadap Perilaku Agresif Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”. Yogyakarta. 2010.

Suyanto & Asep. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Trisnawati Junia, dkk. (2014). Faktor-Faktor yang mempengaruhi perilaku Agresif Remaja di SMK Negeri 2 Pekan Baru. Jurnal Jom Psik. Vol. 1 (2).

Yoshi & Yusri. (2013). Studi tentang Perilaku Agresif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v0i0.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.