Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Psikoanalisis Klasik untuk Menurunkan Kecemasan Akademik Siswa IQ Superior

Sri Yani, Ade Chita Putri Harahap

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah tuntutan keberhasilan belajar mengajar yang dapat menimbulkan kecemasan akademik pada siswa dengan IQ superior. Kecemasan akademik yang dirasakan oleh siswa IQ superior akan membutuhkan penyelesaian masalah melalui konseling individual yang dilaksanakan oleh guru BK dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dalam bimbingan dan konseling seperti pendekatan psikoanalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas konseling individual dengan pendekatan psikoanalisis klasik dalam menurunkan kecemasan akademik siswa dengan IQ superior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen designone gruop pretest-posttest populasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan IQ superior, dan sampel terdiri dari 5 siswa dengan kecemasan akademik, dipilih melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil yang didapat nilai Significan Asyimp. Sig (2-tailed) sebesar 0,005 lebih kecil (<) dari 0,05 yaitu nilai Significan Asyimp. Sig (2-tailed) yaitu 0,05 berdasarkan hasil yang didapatkan maka disimpulkan bahwa layanan konseling individual dengan pendekatan psikoanalisis klasik efektif untuk menurunkan kecemasan akademik siswa pada siswa dengan IQ superior. Implikasinya, sekolah dan konselor sebaiknya mempertimbangkan pendekatan ini dalam program konseling untuk membantu siswa mencapai potensi akademik optimal.

Keywords


Kecemasan Akademik Siswa IQ Superior; Layanan konseling Individual; Pendekatan Psikoanalisis klasik.

Full Text:

PDF

References


Ahluwalia, L., Anggarini, D. R., & Aldino, A. A. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Islam Adiluwih Untuk Menghadapi Persaingan Global. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS).

Banga, S. S. (1988). C-genome chromosome substitution lines in Brassica juncea (L.) Coss. Genetica.

Beutel, M. E., Stark, R., Pan, H., Silbersweig, D., & Dietrich, S. (2013). Changes of brain activation pre- post short-term psychodynamic inpatient psychotherapy: An fMRI study of panic disorder patients. Psychiatry Research: Neuroimaging, 214(3), 231-239.

Durand, V. Mark & Barlow, D. H. (2006). Intisari Psikologi Abnormal. In Essentials of abnormal psychology.

Firmansyah Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika.

Freud, S. (2005). A general introduction to psychoanalysis. Boni and Liveright.

Hasnadi. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman.

Harahap, A. C. P. (2019). Character building pendidikankarakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1).

Heruman, R. dalam. (2016). Pengaruh Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sdn Mojotengah 2 Temanggung Semester Ii Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengaruh Model Teams Games Tournament )Tgt).

Istiatoro Debi.(2018) “Indentifikasi Faktor Penyebab Kecemassan Akademik Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Bantul” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Volumen 4, Nomor 10.

Ja’far, S. (2016). Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Dan Filsafat. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.461

Jannah, N., Endah Muliatie, Y., & Kholili, N. (2021). Preventive Gerd With Education Stress Management Jelita Smes During The Covid-19 Pandemic In Manukan Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).

Jogiyanto. (2007). Sistem informasi keperilakuan / Jogiyanto HM. In Contemporary Sociology.

Johnson, K., Simon, N., Wicks, M., Schaad, D., Barr, K. P., & O'Connor, K. (2014). Sleep habits, quality of life and satisfaction with academic success in second year medical students. Journal of General Internal Medicine.

Matthews, G., Davies, D. R., Westerman, S. J., & Stammers, R. B. (2013). Human performance: Cognition, stress and individual differences. In Human Performance: Cognition, Stress and Individual Differences.

Nasrullah, N., Sewang, A. M., Syamsudduha, S., & Said, N. (2018). Pembaruan Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Basiuni Imran (1906-1976 M). Jurnal Diskursus Islam.

Nugraha, I., Nurhasanah, & A’yuna, Q. (2018). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Ottens, A. (1989). The Construction of an Academic Anxiety Coping Scale. Journal of College Student Development.

Pairan, P., & Abdullah, S. A. (2021). Pengembangan Komunitas Dalam Mewujudkan Lingkungan Ramah Anak Berkebutuhan Khusus. Empati: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Pereira, M., & Rekha, S. (2017). Problems, diffculties and challenges faced by counsellors. internasional Juornal of Indian Psychology, 4(3), 65-72

Riadi, M. (2018). Pengertian, Aspek, Jenis dan Ciri Kontrol Diri. In Https://Www.Kajianpustaka.Com/2018/06/Pengertian-Aspek-Jenis-Dan-Ciri-Kontrol-Diri.Html.

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan.

Rohman, A. (2018). Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pendidikan. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech.

Shedler, J. (2010). The efficacy of psychodynamic psychotherapy. American Psychologist, 65(2), 98-109.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. E-Jurnal Ekonomi DanBisnis Universitas Udayana.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah.

Yusuf, S. (2012). Psikologi PerkembanganAnak dan Remaja. Bandung: RemajaRosdakarya. In CIVED.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.