Penerapan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Didepan Kelas Pada Siswa

Silvi Duwi Nitami, Nurussakinah Daulay

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konseling kelompok menggunakan CBT dalam menurunkan kecemasan komunikasi pada siswa SMP N 1 Talawi. Desain penelitian ini adalah desain kuasi eksperimen  dengan rencangan non-equivalent control group design. Sebanyak 59 siswa kelas VIII-E dan VIII-F SMP N 1 Talawi sebagai populasi. Sampel sebanyak 14 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 14 siswa tersebut, 14 siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen berjumlah 7 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 7 siswa. Dilakukan Uji Independent menggunakan software SPSS 27 untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 7 siswa pada kelompok eksperimen dan 7 siswa pada kelompok kontrol yang mengalami kecemasan cukup tinggi. Kemudian kelompok eksperimen melakukan konseling kelompok kepada 7 siswa dan mengambil post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perbedaan kecemasan kelompok eksperimen 89,2 dalam ketegori tinggi dan menurun 75 dalam ketegori rendah. Hal ini sesuai dengan hasil uji independent yang menunjukkan bahwa angka t [t hitung = 3,757, p > 0.05] sedangkan tabel t [t tabel = 2.570, p <0.05]. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti konseling kelompok melalui cognitive behavioral therapy CBT berpengaruh terhadap kecemasan siswa SMP N 1 Talawi.

Keywords


Konseling Kelompok; CBT; Kecemasan Siswa

Full Text:

PDF

References


Anwar, L. S. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Positive Self Talk Untuk Mengurangi Kecemasan Saat Presentasi Peserta Didik Kelas Xi Ma Al-Khairiyah Natar Tahun Ajaran 2019/2020. http://190.119.145.154/handle/20.500.12773/11756

Brennan, L. (2013). Effectiveness of Group Cognitif Behavioural Intervention in Reducing Anxiety in Irish Prisoners: Quantitative and Qualitative Analysis. Small Scale Research Project

Febrianto, B., & Tri Kurniati Ambarini. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Realita untuk Menurunkan Kecemasan pada Klien Pemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 132–145.

Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–74.

Fitriyanti, K., & Ni Made Ari Wilani. (2019). Pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap tingkat kecemasan berkomunikasi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khusus Kesehatan Mental, 1–11. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47144

Hayatussofiyyah, S., H Fuad Nashori, & Rumiani. (2017). Efektivitas Terapi Kognitif Perilakuan Religius Untuk Menurunkan Depresi Pada Remaja. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 42–55.

Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 79–84.

Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartiani, F. (2015). Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Usia Sekolah. In Jur. Ilm. Kel. & Kons (Vol. 8, Issue 3).

Mawarizka, H. T., & Siti Suminarti Fasikhah. (2023). Menurunkan kecemasan dengan Cognitive Behavior Therapy pada penderita Posttraumatic Stress Disorder. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 11(1), 01–07. Retrieved from ejournal.umm.ac.id/index.php/procedia

Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21009/insight.062.05

Muhammad, R. (2023). Trend Of Islamic Cognitive Behavior Therapy Emipirical Research In Indonesia. Proceedings of the 3RdInternational Conference, 142–151.

Muyasaroh, Ladamay, O. M. M. A., Mahfud, C., Mustakim, & Sejati, Y. G. (2020). The utilization of gadget in maintaining prophetical values in millennial generation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5602–5615. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655

Ningrum, T. P., Okatiranti, & Nurhayati, S. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Tentang Kematian Pada Lansia Di BPSTW Ciparay Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 6(2), 142–149. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk/article/view/4361

Papilaya, J. O., Yulian Hermanus Wenno, & Cynthia Petra Haumahu. (2022). Identifikasi Tugas Perkembangan Siswa SMP Negeri 10 Ambon. Pedagogika:Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 50–55. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue1year2022

Rambe, A., & Ahmad Syarqawi. (2023). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 90–101. Retrieved from https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.15118

Rukminingsih, Gunawan Adnan, & Mohammad Adnan Latief. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: CV. Bumi Maheswari.

Safitri, L., Aji Heru Muslim, & Santhy Hawanti. (2019). Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL CAKRAWALA PENDAS Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 153–158.

Saputri, V. F., & Endang Sri Indrawati. (2017). Hubungan antara Konsep Diri Konsep Diri dan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425–430.

Savitri, L. L., M Ramli, & Widya Multisari. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir dalam Penyelesaian Skripsi. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p37-44

Wahyuni, S. (2013). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo, 1(4), 220–227.

Wibowo, A., Atieka, N., & Pranoto, H. (2018). Peningkatan Kapasistas Konselor Di Perguruan Tinggi Dalam Kompleksitas Problematika Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi Bandung, 6(April), 1–11.

Yusmita, Fitriatul Masruroh, & Riza Faishol. (2022). Efektivitas Film Motivasi Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Remaja Yang Menghadapi Ujian SBMPTN. INCARE: International Journal of Educational Resources, 2(6), 1–10.

Yuliana. (2015). Mengatasi Kecemasan terhadap Kematian pada Pasien Sakit Parah Melalui Konseling Kelompok. Psychology Forum UMM




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.