Penerapan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Didepan Kelas Pada Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, L. S. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Positive Self Talk Untuk Mengurangi Kecemasan Saat Presentasi Peserta Didik Kelas Xi Ma Al-Khairiyah Natar Tahun Ajaran 2019/2020. http://190.119.145.154/handle/20.500.12773/11756
Brennan, L. (2013). Effectiveness of Group Cognitif Behavioural Intervention in Reducing Anxiety in Irish Prisoners: Quantitative and Qualitative Analysis. Small Scale Research Project
Febrianto, B., & Tri Kurniati Ambarini. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Realita untuk Menurunkan Kecemasan pada Klien Pemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 132–145.
Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1), 64–74.
Fitriyanti, K., & Ni Made Ari Wilani. (2019). Pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap tingkat kecemasan berkomunikasi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khusus Kesehatan Mental, 1–11. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47144
Hayatussofiyyah, S., H Fuad Nashori, & Rumiani. (2017). Efektivitas Terapi Kognitif Perilakuan Religius Untuk Menurunkan Depresi Pada Remaja. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 42–55.
Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 79–84.
Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartiani, F. (2015). Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Usia Sekolah. In Jur. Ilm. Kel. & Kons (Vol. 8, Issue 3).
Mawarizka, H. T., & Siti Suminarti Fasikhah. (2023). Menurunkan kecemasan dengan Cognitive Behavior Therapy pada penderita Posttraumatic Stress Disorder. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 11(1), 01–07. Retrieved from ejournal.umm.ac.id/index.php/procedia
Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21009/insight.062.05
Muhammad, R. (2023). Trend Of Islamic Cognitive Behavior Therapy Emipirical Research In Indonesia. Proceedings of the 3RdInternational Conference, 142–151.
Muyasaroh, Ladamay, O. M. M. A., Mahfud, C., Mustakim, & Sejati, Y. G. (2020). The utilization of gadget in maintaining prophetical values in millennial generation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5602–5615. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655
Ningrum, T. P., Okatiranti, & Nurhayati, S. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Tentang Kematian Pada Lansia Di BPSTW Ciparay Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 6(2), 142–149. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk/article/view/4361
Papilaya, J. O., Yulian Hermanus Wenno, & Cynthia Petra Haumahu. (2022). Identifikasi Tugas Perkembangan Siswa SMP Negeri 10 Ambon. Pedagogika:Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 50–55. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue1year2022
Rambe, A., & Ahmad Syarqawi. (2023). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 90–101. Retrieved from https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.15118
Rukminingsih, Gunawan Adnan, & Mohammad Adnan Latief. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: CV. Bumi Maheswari.
Safitri, L., Aji Heru Muslim, & Santhy Hawanti. (2019). Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL CAKRAWALA PENDAS Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 153–158.
Saputri, V. F., & Endang Sri Indrawati. (2017). Hubungan antara Konsep Diri Konsep Diri dan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425–430.
Savitri, L. L., M Ramli, & Widya Multisari. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral dengan Teknik Self-Talk untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir dalam Penyelesaian Skripsi. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p37-44
Wahyuni, S. (2013). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo, 1(4), 220–227.
Wibowo, A., Atieka, N., & Pranoto, H. (2018). Peningkatan Kapasistas Konselor Di Perguruan Tinggi Dalam Kompleksitas Problematika Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi Bandung, 6(April), 1–11.
Yusmita, Fitriatul Masruroh, & Riza Faishol. (2022). Efektivitas Film Motivasi Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Remaja Yang Menghadapi Ujian SBMPTN. INCARE: International Journal of Educational Resources, 2(6), 1–10.
Yuliana. (2015). Mengatasi Kecemasan terhadap Kematian pada Pasien Sakit Parah Melalui Konseling Kelompok. Psychology Forum UMM
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.