PENGARUH BURNOUT AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Slamat Fitriyadi, Kamaruddin kamaruddin, Insan Suwanto, Sanu Sanu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh burnout akademik terhadap hasil belajar siswa yang berada di SMA Negeri 2 Selakau khususnya kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian Jenis kuantitatif dengan model desain One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yang berjumlah 30 siswa Teknik dan instrument pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan panduan angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Data penelitian ini adalah hasil skor angket burnout akademik dan nilai hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi R Square adalah sebesar 0,05. nilai f hitung adalah sebesar 1,488 dengan taraf tingkat signifikan 0,233 > 0,05. serta Koefisien regresi X (Burnout akademik) sebesar -0,223. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh variabel X (burnout akademik) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa) sangat kecil dilihat dari koefisien determinasi R Square yaitu sebesar 0,05 atau 5%. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y tidak signifikan dilihat dari taraf signifikansi yaitu 0,233 yang lebih besar dari 0,05. Serta arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y ke arah negatif dilihat dari koefisisen regresi yaitu sebesar -0,233. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh burnout akademik terhadap hasil belajar siswa berpengaruh sangat kecil yaitu hanya sekitar 5%, sedangkan 95% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh factor atau variabel lain.

Keywords


burnout akademik; hasil belajar; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 527-532.

Ahuja, R. (2009). Research Methods. Rawat Publication; News Delhi

Anggraini, D. (2017). Studi Komparasi Kejenuhan Belajar antara Siswa Agama Tahfidz (AGT) dan Agama Reguler (AGR) Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nganjuk (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Azwar,S, (2001). Metode Penelitian, Yogtakarta; Pustaka Pelajar.

Bahrer-Kohler, S. (2012). Burnout for Expert: Prevention in the context of living and working. London: Springer Science & Business Media

Cheung, J. M. Y., Bartlett, D. J., Armour, C. L., Laba, T. L., & Saini, B. (2018). To drug or not to drug: A qualitative study of patients’ decision-making processes for managing insomnia. Behavioral Sleep Medicine, 16(1), 1-26.

Creswell, J. W (2009). Research Design; Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Sage, Los Angeles

Dunn, L., Iglewicz, A., & Moutier, C. (2008). A conceptual model of medical student well-being: promoting resilience and preventing burnout. Academy Psychiatry, 32(1), 43–53.

Farkhah, S. B., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh Academic Burnout Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 47-54.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (2003). How To Design And Evaluate Research In Education. New York; Pearson Education, Inc.

Garner, B. R., Knight, K., & Simpson, D. D. (2007). Burnout among corrections-based drug treatment staff. Journal Comparative Criminology, 51(5)

Gumbau, S. L., & Marisa, S. S. (2014). Loss and Gain Cycles? A Longitudinal Study about Burnout, Engagement, and Self-Efficacy. Journal Burnout Research, 1(1)

Jacob, S. & Dodd, D. (2003). Student burnout as a function of personality, social support, and workload. Journal of College Student Development, 44(3), 290–303.

Maslach, C., & Michael, P. L. (1997). The Truth About Burnout. San Francisco: Jossy Bass.

Nasution, S. (2010). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: Pustaka Belajar

Nopita, N., Mayasari, D., & Suwanto, I. (2021). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPS Abdi Agape Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 13-19.

Prillany, T. E., & Rusdiyanto, R. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh di Sekolah Dasar Negeri Kalibanteng. Research Physical Education and Sports, 3(1), 81–86.

Purwanto, E. (2012). Metode Kuantitatif. Semarang: UNNES Press

Ridwan (2013). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Rubino, C., Volpone, S. D., & Avery, D. (2013). Burnout on mars and venus: exploring gender differences in emotional exhaustion. Journal Gender in Management, 28(2).

Schaufeli, W. B., Leiter, M. P., & Maslach, C. (2009). Burnout: 35 years of research and practice. Career development international, 14(3), 204-220. https://doi.org/10.1108/13620430910966406

Slameto, (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Pendidikan (R&D). Bandung: Alfabeta

Suwanto, I., & Fitriyadi, S. (2019). Burnout Guru BK di Kota Singkawang. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 127-136.

Syah, Muhibbin. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tulasi, D. (2010). Meruntut Pemahaman Taksonomi Bloom: Suatu Kontemplasi Filosofis. Jurnal Humaniora, 1(2).

Wijaya, C. (2021). COVID-19: 'Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri', persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. Retrieved online from BBC News Indonesia.

Yang, H. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical–vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24, 283 – 301.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i2.4480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.