Identifikasi Kecanduan Game Online Pada Siswa SDN 12 Singkawang

Nia Sapira, Dian Mayasari, Insan Suwanto

Abstract


Game online saat ini begitu popular diberbagai kalangan, khususnya kalangan anak usia sekolah. Banyak permasalahan yang dialami anak usia sekolah karena game online salah satunya kecanduan. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui gambaran perilaku dan faktor-faktor penyebab kecanduan game online pada siswa SDN 12 Singkawang; 2) mengeksplorasi dampak-dampak kecanduan game online pada siswa SDN 12 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian berjumlah lima orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran perilaku kecanduan game online diantaranya mengaku senang apabila memenangkan permainnya dan jika akses internet lancar serta memiliki jangka waktu yang panjang; merasa ingin terus menerus bermain game jika sudah menemukan permainan yang baru; selalu meningkatkan permainanya selama 5-10 menit bahkan sampai 1 jam; hingga sering menolak dan membantah apabila disuruh orang tuanya yang sedang membutuhkan bantuan.. Faktor-faktor penyebab siswa kecanduan game online adalah kurangnya perhatian dari orang-orang terdekat, kurang kontrol, kurang kegiatan, faktor lingkungan dan pola asuh. Dampak-dampak negatif kecanduan game online seperti mata sakit dan kabur, kepala pusing, bahkan sering merasa kesemutan, pola makan tidak teratur, lupa waktu, lupa kewajiban di sekolah seperti belajar dan mengerjakan tugas. Sedangkan dampak positifnya seperti menghilangkan kejenuhan atau bosan, melatih kemampuan berbahasa inggris bahkan mampu menguasai komputer, bisa mendapatkan uang dan mendapatkan teman baru.


Keywords


Kecanduan Game Online; Siswa SD; Dampak Game Online

Full Text:

PDF

References


Deviandri, M., Slamet, R., & Elvi, R. (2012). Dampak Game Online Bagi Perilaku Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal STKIP PGRI Sumbar, 1(3).

Eslter, J. (1999). Addiction Entris And Exits. New York: Russell Sage Foundation.

Faried. 2012. Perilaku Remaja Pecandu Game Online. Semarang. IKIP PGRI Semarang.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Kim, K. H., Park, J. Y., & Kim. D. (2002). E-lifestyle and motives to use online games. Irish Marketing Review, 15(2), 71–77.

Kusumadewi, N. T. (2009). Hubungan Antara Kecanduan Internet Game Online Dan Keterampilan Social Pada Remaja ( Relation Between Internet Game Online And Social Skills In Adolecents. Skripsi. Jakarta: fakultas psikologi universitas Indonesia.

Kusumawati, R., Aviani, Y.I., & Molina, Y.(2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP UNP, 8 (1), 90.

Laili, F.M. (2015). Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 5(1), 65-66.

Lee, I., Chen, Y., & Holim, L. (2007). “Leaving A Never-Ending Game: Quitting MMORPGS and online gaming addicition”. Authors & Digital Games Research Association (DIGRA), 211-217.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. E-Jurnal, 3(2), 155-158.

Mujahidin, A. M. (2014). Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, CV.

Nuhan, M. Y. G. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5 (6), 494-501.

Qomariah, A. N. (2009). Perilaku Pemanfaatan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan, Skripsi. Departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya.

Santoso W. T. (2013). Perilaku Kecanduan Permainan Internet dan Faktor Penyebabnya Pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatisrono Kabupaten Wonogiri). Semarang.

Simon, R., Hartati, T., & Arsilah. (2007). Model permainan di sekolah dasar berdasarkan pendekatan DAP (developmentally apropriate practice). Diakses Pada tanggal 22 maret 2019 dari http://file. upi.edu/Direktori/FIP.

Smart, A. (2010). Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Game, Jogjakarta, A plus books.

Syahran, R. (2015). Ketergantungan Game Online Dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pemdidikan Dan Bimbingan Konseling, 1 (1), 84-92.

Young, K. (2000). Cyber-Disorders: The Mental Health Concern For The New Millennium. Cyberpsychology & Behavior, 3 (5), 475-479.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i3.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.