KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS

Aldini Agniarahmah, Cici Yulia, Hayu Stevani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya permasalahan siswa yang berkaitan dengan self awareness seperti belum memahami diri sendiri, belum mandiri, tidak percaya diri, belum mampu mengendalikan emosi dan kurang memiliki tanggung jawab pada diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media ular tangga untuk meningkatkan self awareness siswa. Self awareness merupakan kesadaran yang terdapat pada diri seseorang dalam menerima, mengelola dan memahami setiap potensi serta mampu mengambil keputusan sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre- eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test dan post-test design. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kategoris. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji validitas terlebih dahulu dengan menggunakan rumus kolerasi product moment dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil 0,929 yang berklasifikasi tinggi. Dalam pelaksanaan uji media ular tangga, mendapatkan rata rata pada pre test 58 dan rata rata pada post test 73. Hal ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh pada self awareness siswa dan terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media ular tangga.

Keywords


self awarness, Media Ular Tangga

Full Text:

PDF

References


Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Nugraheni, D. A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perencanaan Karier Siswa (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Prayitno. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, departemen Pendidikan Nasional, 2004

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriwidayati, S. (2019). Efektivitas Permainan Ular Tangga Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.3409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.