Analisis Keaktifan Belajar Mahasiswa Dengan Metode Blanded Learning Di FKIP Universitas Labuhanbatu

Nadia Aulia, Muhammad Khoirul Ritonga

Abstract


Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar mahasiswa FKIP Universitas Labuhanbatu dalam proses pembelajaran menggunakan metode blanded learning dalam pembelajaran di kelas.Penelitian dilaksanakan di Universitas Labuhanbatu, Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2021 sampai Desember 2021. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Fkip Universita Labuhanbatu Sebanyak 9 kelas yaitu (413) mahasiswa. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan alat instrumen berupa observasi dan angket.Keaktifan belajar mahasiswa adalah kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa. Keaktian belajar mahasiswa FKIP Universitas Labuhanbatu dapat dikaji, data yang diperoleh dari kegiatan tersebut kemudian dianalisis. Penelitian ini ditunjukan kepada 413 mahasiswa Fkip Universitas Labuhanbatu dan yang mewakili dengan menggunakan rumus slovin dari rumus tersebut dapat di peroleh sebanyak 81 responden, dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan aspek Kurangnya keaktifan belajar mahasiswa masih kurang, ini dibuktikan dari pengisian kuesioner mahasiswa Fkip Universitas Labuhanbatu.Manfaat blended learning antara lain membantu memotivasi keaktifan mahasiswa untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini akan membentuk sikap kemandirian belajar pada mahasiswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penggunaannya metode ini sangat efektif untuk menambah efisiensi untuk mahasiswa dan memungkinkan peningkatan keaktifan belajar mahasiswa agar mahasiswa FKIP semakin aktif  dalam proses pembelajaran.


Keywords


Keaktifan Belajar Mahasiswa, Blanded Learning, Mahasiswa FKIP

Full Text:

PDF

References


Aritonang, I., & Safitri, I. (2021).Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,.

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang,.

Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran,.

Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,.

Kari, M. L., Bare, Y., Yoseph, O., & Mago, T. (2021). BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS.

Mubarok, A. (2015). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Metode Blended Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Tatap Muka Di Kelas Dan Social Network Facebook Pada Kompetensi Sistem Transmisi Siswa Smk Pancasila Surakarta. Jurnal Nosel, .

Muliawan Firdaus*, Mukhtar*, Zainal Azis** Environment : A quality study in mathematics. (2020).

Nurin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Erudio Journal of Educational Innovation,.

Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii a1 Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia,.

Safrida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study. Jurnal Edukasi,.

Sapti, M. (2019). Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Form Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi),.

Saraha, A. R., Umar, S., & Sugrah, N. (2021). Model forensik literasi dalam pembelajaran daring di masa pandemi: Efektivitas pembelajaran dan responnya. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.

Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunnisa, E. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika),.

Zaeni, Aulia, J., Hidayah, & Fatichatul, F. (2017). ANALISIS KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMESTOURNAMENTS ( TGT ) PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA 5 DI keywords : Teams games tournament , active , cooperative learning. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i3.3193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.