PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN PERILAKU LITERASI DIGITAL SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Silvia Yula Wardani, Asroful Kadafi, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi tatanan kehidupan, tidak terkecuali di dunia pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus covid-19 membuat sekolah harus memiliki strategi pembelajaran yang efektif. Adanya himbauan untuk tidak melakukan kontak fisik membuat guru dan siswa memanfaatkan perkembangan IT dalam proses pembelajaran. Problematika ini perlu dikaji lebih mendalam terkait kompetensi literasi digital dan peran konselor dalam meningkatkan kompetensi tersebut. Penelitian ini menggunakan desain literature review, dengan menggali berbagai review yang mengangkat isu-isu literasi digital. Hasil penelitian menunjukan, bahwa kemampuan literasi digital sangat diperlukan oleh siswa terutama dalam memperoleh sumber informasi atau bahan pembelajaran. Kemampuan tersebut dapat ditingkatkan apabila ada support sistem salah satunya dari konselor sekolah. Konselor sekolah memiliki peran dan funsgi preventif, kuratif dan pengembangan dalam membantu siswa mencapai perkembangan yang optimal. Dalam upaya meningkatkan perilaku literasi digital maka konselor perlu memfasilitasi siswa untuk menyadari pentingnya kemampuan literasi digital bagi dirinya.

Keywords


konselor, covid-19, literasi digital

Full Text:

PDF

References


A’yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaha di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya). Libri-Net, 4(2), 1–15.

Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. Wacana, XV(3), 181–279.

Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2017). Peran konselor dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa difabel. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 146–151.

Anni, C. T., & Munawaroh, E. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesional Konselor melalui Pelatihan Konseling Realita. Jurnal Abdimas, 23(1), 42–47.

Ashari, M., & Idris, N. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Generasi Digital Native. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1355–1362.

Dedi Arianto. (2021). Implementasi Literasi Digital Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Sekolah. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 3(2), 116–131.

Dewi, N. K., & Affifah, D. R. (2019). Analisis perilaku cyberbullying ditinjau dari big five personality dan kemampuan literasi sosial media. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4301

Efendi, G. (2017). Kompetensi Sosial Guru Bk/Konselor Sekolah (Studi Deskriptif Di Sma Negeri Kota Padang). Konselor, 2(1), 162–166. https://doi.org/10.24036/0201321885-0-00

Eka, Y. O., Dey, Y. D., & Kadafi, A. (2017). Peran Konselor dalam Menumbuhkan Semangat Kebangsaan Melalui Tari Gawi di Ende-Flores. Prosiding SNBK: Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 181–188.

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN LITERASI DIGITAL di SMP NEGERI 20 SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12842

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. . (2011). Bimbingan dan Konseling (Edisi Indo). Pustaka Pelajar.

Guess, A. M., Lerner, M., Lyons, B., Montgomery, J. M., Nyhan, B., Reifler, J., & Sircar, N. (2020). A digital media literacy intervention increases discernment between mainstream and false news in the United States and India. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(27), 15536–15545. https://doi.org/10.1073/pnas.1920498117

Hazrullah & Furan. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMECAHAN MASALAH BELAJAR SISWA DI MAN RUKOH BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1S017/CBO9781107415324.004

Jin, K. Y., Reichert, F., Cagasan, L. P., de la Torre, J., & Law, N. (2020). Measuring digital literacy across three age cohorts: Exploring test dimensionality and performance differences. Computers and Education, 157, 103968. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103968

Jordana, T. A., & Suwarto, D. H. (2017). Pemetaan Program Literasi Digital di Universitas Negeri Yogyakarta. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 167–180.

Kadafi, A. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling Online dalam Memaksimalkan Program Merdeka Belajar. PROSIDING Web Seminar Nasional (Webinar): “Prospek Pendidikan Nasional Pasca Pandemi Covid-19,” 22–29.

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31–34.

Kadafi, A., Suharni, S., Mahmudi, I., & Pratama, B. D. (2020). Urgency Strengthening Religious Values in Guidance and Counseling Programs in the New Normal Era. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 285–290. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.250

Kemendikbud. (2016). Literasi Dasar: Enam Komponen Literasi Dasar. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan, 04–21. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, (2016) (testimony of Kemendikbud).

Kumpulainen, K., Sairanen, H., & Nordström, A. (2020). Young children’s digital literacy practices in the sociocultural contexts of their homes. Journal of Early Childhood Literacy. https://doi.org/10.1177/1468798420925116

Lazonder, A. W., Walraven, A., Gijlers, H., & Janssen, N. (2020). Longitudinal assessment of digital literacy in children: Findings from a large Dutch single-school study. Computers and Education, 143(September 2019), 103681. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103681

Leaning, M. (2019). An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy. Media and Communication. https://doi.org/10.17645/mac.v7i2.1931

List, A. (2019). Defining digital literacy development: An examination of pre-service teachers’ beliefs. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.03.009

McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology. https://doi.org/10.1080/17439884.2018.1462206

Mutmainah, A. (2017). Tingkat Literasi Media Mahasiswa Komunikasi Surakarta Tentang Pemberitaan Kopi Beracun Sianida di TV One (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi UNS, UMS, dan IAIN Surakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sur.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 32. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075

Park, H., Kim, H. S., & Park, H. W. (2021). A Scientometric Study of Digital Literacy, ICT Literacy, Information Literacy, and Media Literacy. Journal of Data and Information Science. https://doi.org/10.2478/jdis-2021-0001

Permendiknas No. 27 Tahun 2008. (2008). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kementrian Pendidikan Nasional.

Pratolo, B. W., & Solikhati, H. A. (2020). The implementation of digital literacy in indonesian suburban EFL classes. International Journal of Scientific and Technology Research.

Rakhmawati, D. (2017). Dipublikasikan oleh: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 2503–281. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1067

Reddy, P., Sharma, B., & Chaudhary, K. (2020). Digital literacy: A review of literature. In International Journal of Technoethics. https://doi.org/10.4018/IJT.20200701.oa1

Retnaningdyastuti, M. T. S. R. (2018). TANTANGAN DAN PELUANG SISWA DAN GURU BK DI ERA DISRUPSI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 6–11.

Rusydiyah, E. F., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How to use digital literacy as a learning resource for teacher candidates in Indonesia. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30551

Setiawan, R. (2020). Karakteristik Dasar Literasi Digital Dan Relasi Sosial Generasi Milenial Banten. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 4(2), 153–173. https://doi.org/10.24198/jsg.v4i2.27540

Silawati, E., Harun, C. A., Ananthia, W., Muliasari, D. N., Yuliariatiningsih, M. S., & Cibiru, U. P. I. (2018). LITERASI MEDIA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK Endah. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018, 33–41.

Stefany, S., Nurbani, & Badarrudin. (2017). LITERASI DIGITAL DAN PEMBUKAAN DIRI : Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan Magister Ilmu Komunikasi , Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik , Universitas Sumatera Utara . Magister Ilmu Komunikasi , Fakultas Ilmu Sosial Ilmu. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(1), 10–31.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Tejedor, S., Cervi, L., Pérez-Escoda, A., & Jumbo, F. T. (2020). Digital literacy and higher education during COVID-19 lockdown: Spain, Italy, and Ecuador. Publications. https://doi.org/10.3390/publications8040048

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555

Veni, Karneli, Y., & Erlamsyah. (2017). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah. PROCEEDINGS | ICES 2017 International Counseling and Education Seminar The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research (Burhanuddin (ed.)). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yazon, A. D., Ang-Manaig, K., Buama, C. A. C., & Tesoro, J. F. B. (2019). Digital literacy, digital competence and research productivity of educators. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070812

Yildiz, E. P. (2020). Opinions of academicians on digital literacy: A phenomenology study. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i3.4913




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i2.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.