Analisis Pendidikan Karakter Disiplin, Jujur, dan Tanggung Jawab SD Di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Ayu Hantika, Rohana Rohana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui & menilai sikap  kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab selama pembelajaran tatap muka di sekolah dasar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer (jumlah sekolah di Kabupaten Rantau Selatan adalah 23 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin = 98 subjek siswa, informan kunci guru kelas 5 orang. Instrumen penelitian yaitu  angket, wawancara, analisis data melalui reduksi, analisis, penarikan kesimpulan. Dalam hal penerapan karakter disiplin dalam kategori cukup dengan persentase (91%) sebanyak 91 siswa. Cara pertama seorang guru memberi contoh adalah dengan datang lebih awal. Hal ini memungkinkan siswa untuk menyadari bahwa guru hanya dapat memberikan contoh yang baik yang dapat diteladani oleh siswanya. Selain itu, perilaku siswa dalam menunjukkan kejujuran pada kategori ini cukup dengan persentase (77 %), atau 77 siswa. Guru menginstruksikan atau mendidik siswa untuk berbicara yang jujur kepada siapapun. Dan perilaku siswa dalam hal tanggung jawab cukup dengan persentase (90%) atau sebanyak 90 siswa. Guru mengajarkan kegiatan positif. jika seorang siswa melakukan kesalahan, guru meminta siswa untuk meminta maaf, guru juga menjadi contoh bahwa baik yang tua maupun yang mudah harus meminta maaf.

Keywords


Karakter Disiplin; Jujur; dan Tanggungjawab; Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Agama, I., Negeri, I., & Curup, I. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. 2(1).

Fatchurrahman. (2017). Penanaman Karakter Jujur Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negri Senden Mungkid Magelang. PGSD. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, 1–9.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., Fajrie, N., & Artikel, S. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. 2020, 3(1), 105–1117.

Nugraha, D. M., Pendidikan, P., Universitas, K., & Indonesia, P. (2019). PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DIMENSI BUDAYA KEWARGANEGARAAN ( CIVIC CULTURE ) DI SMA ALFA CENTAURI BANDUNG. 6(September), 220–232.

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. FUNDADIKDAS: Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 90–100.

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Raden, I., & Lampung, I. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. 2, 190–204.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. http://repository.uin-suska.ac.id/7401/3/BAB II.pdf

Ravhmadyanti, P. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL Putri Rachmadyanti Universitas Negeri Surabaya A . Pendahuluan Seiring kemajuan zaman dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat , mendorong manusia untuk selalu berkemba. 3(2), 201–214.

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (n.d.). PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DI SEKOLAH DASAR. 26–32.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p70-79

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684

Yasin, & Muhammad. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Rasa Hormat di MIN 5 Bandar Lampung. 196.

Zulkhairi, T. (2017). Membumikan Karakter Jujur Dalam Pendidikan Di Aceh. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 104. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.65.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.3121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.