MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN TEKNIK TIME-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Dahlia Novarianing Asri, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah pembelajaran pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, merancang dan mengembangkan prototipe model pembelajaran berbasis proyek dengan teknik time management untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa, dan menghasilkan model pembelajaran berbasis proyek dengan teknik time management untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian pengembangan yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu tahap studi eksplorasi, tahap pengembangan model pembelajaran, tahap pengujian model, dan tahap diseminasi dan sosialisasi. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, berdasarkan studi eksplorasi diperoleh hasil bahwa menurunnya kualitas pembelajaran mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, tingkat prokrastinasi akademik pada mahasiswa tinggi, dan dosen dan mahasiswa membutuhkan model pembelajaran mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa sekaligus bisa menurunkan prokrastinasi akademik Kedua, prototipe model pembelajaran berbasis proyek dengan teknik time management berisi tentang struktur model (syntax), sistem sosial (social system), prinsip reaksi (principle of reaction), sistem penunjang (support system), dampak instruksional dan pengiring (instructional and nurturant effect). Struktur model (syntax) pembelajaran berbasis proyek dilakukan melalui 6 tahap, yaitu Penentuan Pertanyaaan Mendasar (Start With the Essential Question), Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project), Melakukan Jadwal Kegiatan Berbasis Manajemen Waktu (Create a Schedule), Memonitor Siswa dan Kemajuan Proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project), Menguji Hasil (Assess the Outcome), dan Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Keywords


pembelajaran berbasis proyek; teknik time-management; prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Blondy, L. C. (2007). Evaluation and Application of Andragogical Assumptions to the Adult Online Learning Environment. Journal of Interactive Online Learning, 6 (2), 116–130.

Borg, W.R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Degeng, I. S. (2000). Applied Approach. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Eerde, W. E. (2003). Procrastination at Work and Time Management Training. The Journal of Psychology. The Journal of Psychology, 137 (5), 421–434.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L. & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance. Theory, Research, and Treatment. (Snyder, C.R., Ed). New York: Plenum Press.

Gafni, R. & Geri, N. (2010). Time Management: Procrastination Tendency in Individual and Collaborative Tasks. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 5, 115–125.

Knaus, W. (2010). End Procrastination Now!. Get It Done with a Proven Psychological Approach. New York: McGraw Hill.

Kristiana, D. (2016). Implementasi Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 14 (2), 185–195.

Lakey, B & Cohen, S. (2000). Social support theory and measurement In Cohen, S, Underwood L.G & Gottlieb, B. H (Eds), Social Support menasurement and interventions: A guide for health and social scientist.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Jurnal Academika, 1 (2), 185–195.

Laurel A, Haycock, Pal. Skaytricia McCarthy, and C. (1998). procrastionantion in College Students:The Role of Self-Efficacy and Anxiety.

Maftoon, P., Birjandi, P. & Ahmadi, A. (2013). The Relationship between Project-based Instruction and Motivation: A Study of EFL Learners in Iran. Theory and Practice in Language Studies, 3 (9), 1630–1638.

Musa, F., Mufti, N., Latiff, R.A., Amin, M. M. (2012). Project-based learning (PjBL): inculcating soft skills in 21st century workplace (59th ed., pp. 565–573). Procedia-Social and Behavioral Sciences, (Online).

Patrzek, J., Grunschel, C., & Fries, S. (2012). Academic Procrastination: The Perspective of University Counsellors. International Journal for the Advancement of Counselling, 34(3), 185–201. https://doi.org/10.1007/s10447-012-9150-z

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 61–74. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1358

Senecal, C., Koestner, R., & Vallerand, R. J. (1995). Self-Regulation and Academic Procrastination. Journal of Social Psychological, 135(5), 607–619.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133 (1), 65–94.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabheta. Bandung.

Tice, D.M & Baumeister, R. . (1997). Longitudinal study of procrastination, permormance stress, and health:The Cost and benefit of Dawdling. Psychological Science, 8(6), 454–458.

Tjundjing, S. (2007). Kerjakan yang Penting, Bukan Hanya yang Penting Dikerjakan: Penelitian Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Grounded Theory. Insan Media Psikologi, 9 (2), 135–144.

Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe Kepribadian dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi, 20(1), 48–57.

Zeenath, S., & Orcullo, D. J. . (2012). Exploring Academik Procrastination among Undergraduates. DOI:10.7763/IPEDR, 47.9.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v6i1.2224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.