PROBLEMATIKA PEMBERDAYAAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
Abstract
Guru bimbingan konseling berperan penting dalam konseling, bimbingan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, serta bimbingan dalam mengembangkan kepribadian siswa. Namun, problematika di Sekolah adalah guru Bimbingan Konseling tidak diberdayakan dengan baik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan bimbingan yang tidak sesuai jadwal dan kurangnya adanya program peningkatan profesionalitas guru Bimbingan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dibalik problematika pemberdayaan guru bimbingan konseling di Sekolah. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberdayaan guru bimbingan konseling berjalan kurang efektif mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penyebab diantaranya adalah karena kurangnya fasilitas dan anggaran, terbatasnya waktu bimbingan, kepala sekolah dan komite sekolah kurang memahami peran dan tugasnya dalam mendukung program peningkatan profesionalitas guru Bimbingan Konseling. Masalah tersebut dapat diatasi melalui kebijakan dan manajemen yang dilakukan Kepala Sekolah serta dukungan dari berbagai pihak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. A. Agus, “Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM,” J. Sos. Pendidik. sosiologi-FIS UNM, no. 1963, pp. 19–27, 2010.
[2] Titin, Nuraini, and Supriadi, “Peran Sekolah Sebagai Agen Sosialisasi dalam Pembentukan Kepribadian Akhlak Mulia Siswa SMAS,” pp. 1–13, 2014.
[3] M. Kristiawan and Y. Wulandari, “Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orangtua,” J. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 290–303, 2017.
[4] A. Ridwan, “Peran Guru Agama dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2017.
[5] S. Hadi, “Peran Dan Tanggung Jawab Staf Sekolah Dalam Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa,” J. Tatsqif, vol. 15, no. 2, pp. 211–222, 2017.
[6] A. Hallen, Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Ciputat Asri, 2002.
[7] Prayitno and A. Erman, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Adi Mahasatya, 2009.
[8] A. A. Mappiare, Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Pt Rajawali Persada, 2006.
[9] Tohirin, Bimbingan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
[10] H. Kamaluddin, “Bimbingan dan Konseling Sekolah,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 17,
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i2.1672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.