PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP SELF AUTONOMY DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh self autonomy antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri, mengetahui pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin laki-laki antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri dan mengetahui pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin perempuan antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri siswa kelas X SMK PGRI 5 Denpasar. Penelitian melibatkan 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan sebagai sampel. Rancangan penelitian Two Factor Design atau sering disebut desain faktorial 2 X 2. Dalam desain faktorial 2 X 2, perlakuan disusun sedemikian rupa sehingga setiap individu dapat menjadi subyek secara bersamaan dalam dua faktor yang berbeda, yang setiap fokusnya terdiri atas beberapa level. Berdasarkan hasil analisis data; (1) terdapat pengaruh self autonomy antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral dengan teknik modeling dan siswa yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri; (2) terdapat pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin laki-laki antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri; (3) tidak terdapat pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin perempuan antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara konseling behavioral teknik modeling dan teknik manajemen diri dengan jenis kelamin terhadap self autonomy siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pervin, L. A., Cervone, D., & John, O. P. (2010). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Edisi Sembilan. Jakarta. Kencana Media Grup.
Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey, G. (2005). Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Cormier, L.J., & Cormier, L.S. (1985). Interviewing Strategies for Helpness (Second ed). Monterey California: Brooks Cole Publications.
Gantina, K., & Wahyuni, K. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Gunarsa, S. D. (1996). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Dantes. (2014). Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Teknik Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supratiknya, A. (1999). Teori-Teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: Kansius
Dharsana. (1997). Strategi Modifikasi Kognitif Untuk Mengembangkan Penilaian Kognitif Siswa Terhadap Tugas Pelajaran Dengan Menggunakan Model Cormier dan Cormier. Disertasi.
Feist, J. & Feist, G. (2013). Teori kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swardani, Ni Pipi. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2 (1), 1-12.
Darmayanti, P. E., Gading, I. K & Made Sulastri (2014). Penerapan Konseling Kognitif Behavioral dengan Teknik Self- Instruction untuk Meminimalisir Self-Dominance Siswa Kelas X MIA 4 SMA N 4 Singaraja. Singaraja: eJurnal Jurusan Bimbingan dan Konseling Undiksha, 3(1), 1-10.
Mardiati, H Rahmah Sari. (2014). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2013/2014. Tasikmalaya. Repositoy UPI. repository.upi.edu/14823/.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.1192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.