PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP SELF AUTONOMY DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA

Ni Komang Sri Yuliastini, I Komang Sukendra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh self autonomy antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri, mengetahui pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin laki-laki antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri dan mengetahui pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin perempuan antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan teknik manajemen diri siswa kelas X SMK PGRI 5 Denpasar. Penelitian melibatkan 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan sebagai sampel. Rancangan penelitian Two Factor Design  atau sering disebut desain faktorial 2 X 2. Dalam desain faktorial 2 X 2, perlakuan disusun sedemikian  rupa sehingga setiap individu dapat menjadi subyek secara bersamaan dalam dua faktor yang berbeda, yang setiap fokusnya terdiri atas beberapa level. Berdasarkan hasil analisis data; (1) terdapat pengaruh self autonomy antara siswa yang mendapatkan konseling behavioral dengan teknik modeling dan siswa yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri; (2) terdapat pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin laki-laki antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri; (3) tidak terdapat pengaruh self autonomy pada siswa berjenis kelamin perempuan antara yang mendapatkan konseling dengan teknik modeling dan yang mendapatkan konseling dengan teknik manajemen diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara konseling behavioral teknik modeling dan teknik manajemen diri dengan jenis kelamin terhadap self autonomy siswa.


Keywords


Konseling Behavioral; Modeling; Manajemen Diri; Self Autonomy; Jenis Kelamin

Full Text:

PDF

References


Pervin, L. A., Cervone, D., & John, O. P. (2010). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Edisi Sembilan. Jakarta. Kencana Media Grup.

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corey, G. (2005). Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Cormier, L.J., & Cormier, L.S. (1985). Interviewing Strategies for Helpness (Second ed). Monterey California: Brooks Cole Publications.

Gantina, K., & Wahyuni, K. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Gunarsa, S. D. (1996). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Dantes. (2014). Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Teknik Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supratiknya, A. (1999). Teori-Teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: Kansius

Dharsana. (1997). Strategi Modifikasi Kognitif Untuk Mengembangkan Penilaian Kognitif Siswa Terhadap Tugas Pelajaran Dengan Menggunakan Model Cormier dan Cormier. Disertasi.

Feist, J. & Feist, G. (2013). Teori kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swardani, Ni Pipi. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2 (1), 1-12.

Darmayanti, P. E., Gading, I. K & Made Sulastri (2014). Penerapan Konseling Kognitif Behavioral dengan Teknik Self- Instruction untuk Meminimalisir Self-Dominance Siswa Kelas X MIA 4 SMA N 4 Singaraja. Singaraja: eJurnal Jurusan Bimbingan dan Konseling Undiksha, 3(1), 1-10.

Mardiati, H Rahmah Sari. (2014). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2013/2014. Tasikmalaya. Repositoy UPI. repository.upi.edu/14823/.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.