Identifikasi Kemampuan Pengarahan Diri (Self Direction) Siswa Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui profil pengarahan diri (self direction) siswa. Metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri kota Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik inferensial dengan menggunakan kurva Z skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil pengarahan diri (self direction) siswa kelas X di salah satu SMA berada pada kategori rendah dengan persentase 33,3%. Sebesar 52,4% berada pada kategori sedang. Selanjutnya, sebesar 14,3% siswa berada pada kategori tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Furqon. (2011). Statistika Penerapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Istirahayu, I. dan Yusuf, S. (2015). Identification the quantity of student’ the effectiveness of theistic spiritual counseling in improving student’ intrapersonal competency, Global illuminators Vol 2. (2015). (336-42).
UU Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Tamita Jaya Utama Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i2.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.