Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma

Ong, Florencia Ivani Hananta, Novisita Ratu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa SMA kelas X. Analisis kesalahan ini menggunakan teori dari Kastolan. Berdasarkan penelitian ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah karena siswa tidak memahami soal yang ada, tidak memahami konsep materi seperti sifat-sifat logaritma, tidak memakai semua data yang ada pada soal bahkan kadang melewatkan data yang penting, ketidaktelitian dan ketidakcermatan saat menghitung karena mengerjakan secara langsung tanpa menggunakan langkah-langkah pengerjaan tetapi ada juga yang menggunakan langkah-langkah dan masih salah karena tidak teliti. Contohnya pada soal perkalian logaritma, ada subjek yang langsung mengerjakan tanpa menggunakan cara, jawabannya hanya kurang tanda minus saja akibat tidak menjabarkan dan menggunakan langkah pengerjaan. Kemudian tidak paham sifat logaritma mana yang harus dipakai dan kekeliruan penggunaan sifat logaritma akibat tidak hafal sifat-sifat logaritma. Contohnya semua subjek tidak tahu akan sifat logaritma yaitu  padahal jika subjek mengetahui sifat tersebut maka jawabannya akan sangat mudah dan tidak terjadi kesalahan.

Keywords


logaritma; analisis kesalahan; kastolan

Full Text:

PDF

References


Amir, M. F. (2015). “Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear.”

Blanco and Garrote. “Difficulties in Learning Inequalities in Students of First Year of Pre-University Education in Spain”

Ciltas dan Tatar. (2011). “Diagnosis Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value”

Ischak dan Warji. (1987). “Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar”. Yogyakarta: Liberty

Mulyadi. (2010). Diagnosis kesulitan belajar. Yogyakarta: Nur Litera.

Newman, M. A. (1977). “An analysis of sixth-grade pupils’ errors on written mathematical tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin”.

Riedesel, Scchwart, dan Clement. (1996). “Teaching Elementary School Mathematic”. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta.

Uni, H. B. (2009). “Model Pembelajaran (cetakan IV)”. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. A. (2013). “Analisis kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: jpmi@journal.stkipsingkawang.ac.id

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.