PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN

Soraya Soraya, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Rika Wahyuni

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, aktivitas dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran dengan model SQ3R pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 13 Singkawang yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 82 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis; 2) model pembelajaran SQ3R memberikan pengaruh besar  terhadap kemampuan komunikasi matematis; 3) aktivitas belajar siswa tergolong aktif dengan diterapkannya model pembelajaran SQ3R  pada materi pola bilangan; 4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan diterapkannya model pembelajaran SQ3R pada materi pola bilangan.


Keywords


Kata Kunci : Model Pembelajaran SQ3R, kemampuan komunikasi matematis, aktivitas siswa, motivasi siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, D. (2013). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa SMK melalui pendekatan Kontekstual dan strategi Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Infinity Journal, 2(1), 1-12.

Aisyah, A., & Rosyada, A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Manyelesaikan Soal Pada Materi Bemtuk Pangkat, Akar, dan Logaritma Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Jambi. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-14.

Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal STAIN. STAIN.

Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran SQ3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 109-118

Hasanah, M., Abdullah, A., & Sugianto, S. (2013). pengaruh model pembelajaran survey, question, read, recite, review (sq3r) dan learning strategy terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif pada materi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 48-53.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9-18.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Husna, N., Mariyam, M., & Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39-43

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 21 tentang Standar Isi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Khasanah, A. Z. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM).(2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: Reston

Ramelan, P. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindi Persada

Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 37-41.

Sutrisno. (2008). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tulloh, H. (2018). Hubungan Model Penbelajaran Cooperative Script dengan Model Pembelajaran Cooperative SQ3R Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 116-136.

Whardani, F. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs. Daarul Hikmah Pamulang pada Materi Segiempat dan Segitiga (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.