Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang

Nurul Husna, Citra Utami, Regita Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model Role Playing terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa. 2) mengetahui aktivitas belajar siswa terhadap model Role Playing. 3) mengetahui motivasi belajar
siswa terhadap model Role Playing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Singkawang.Adapun populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh kelas XI yang terdiri dari XI IPA, XI IPS 1 dan XI IPS 2.Sampel dalam penelitian ini yaitu
kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain only control group design. Soal yang diberikan berupa essay terdiri dari 3 soal yang memuat
indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan validitas, reliabilitas,
daya pembeda dan tingkat kesukaran.Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh model Role Playing
terhadap kemampuan komunikasi menggunakan rumus Effect Size, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan
menghitung persentase indikator aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan
rumus rata-rata indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh model Role Playing terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa didapatkan hasil yaitu 0,29% dengan kategori sedang. 2) aktivitas belajar
siswa dengan diterapkan model Role Playing mencapai 77,91% dengan kategori aktivitas belajar siswa tinggi. 3)
motivasi belajar siswa diperoleh 3,98 dengan kategori motivasi belajar siswa tinggi.

Full Text:

PDF

References


Fahradina, dkk.2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Syiah Kuala: Jurnal Universitas Syiah Kuala.

Depdiknas. 2006. Tujuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Rachmayani, Dwi. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Jurnal Pendidikan UNSIKA Volume 2 Nomor 1.

Fitriani, Dulis. 2003. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Dengan Pembelajaran Student Facilicator And Explaining. Siliwangi: Jurnal STKIP Siliwangi.

Prayitno, dkk. 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Pada Tiap Jenjangnya. Surabaya: Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Husna, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share(TPS). Aceh: Jurnal Unsyiah.

Suandika, Putu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Volume:2 No:1 Tahun 2014).

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Anggraeni, Dian dan Sumarno, Utari. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMK Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create(FSLC).Bandung: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.