Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

Silfanus Jelatu, Maria Irmayati Amul, Eufrasia Jeramat, Ricardus Jundu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran  matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas XI SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random kelas. Jumlah sampel penelitian adalah 64 orang. Data kemampuan penalaran matematis dikumpulkan dengan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil perhitungan thitung = 6,003  dan  ttabel=1,999pada taraf signifikan 5% dengan dk = 62. karena thitung > ttabel  maka ditolak dan diterima, yang artinya kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, NHT, Kemampuan Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Ainun, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Peluang, 4(1), 55-63

Altun, M., & Memnun, D. S. (2008). Mathematics Teacher Trainees'skills And Opinions On Solving Non-Routine Mathematical Problems. Journal of Theory & Practice in Education (JTPE), 4(2), 213-238

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ario, M. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Fathani. (2012). Hakikat dan Logika. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media

Febriana, W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajarmatematika Siswa Kelas Xi Ipa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Siak Kecamatan Tualang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau).

Hendriana & Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Indarti, D., & Pramudya, I. (2017, December). Numbered head together with scientific approach in geometry learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Jelatu, S., Sariyasa, & Ardana, I. M. (2018). Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts. International Journal of Instruction, 11(4), 325-336. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11421a

Jelatu, S., Mandur, K., Jundu, R., & Kurniawan, Y. (2018). Relasi antara visualisasi spasial dan orientasi spasial terhadap pemahaman konsep geometri ruang. Journal of Songke Math, 1(1), 47-59.

Johansson. (2015). Mathematical Reasoning In physics and real-life context. Thesis, Tidak Dipublikasikan. University of Gothenburg.

Khoirotunnisa, A. U. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Gallery Of Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP N Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. MAGISTRA, 27(91), 70-78

Kurniati, K., Prahmana, R.C.I., Makur, A.P., & Jelatu, S. (2018). Math comics, vectors, and the strategy of preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 159-174. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2716

Leasa, M., & Corebima, A. D. (2017, January). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 795, No. 1, p. 012071). IOP Publishing.

Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206-212.

Mueller, M., Yankelewitz, D., & Maher, C. (2014). Teachers promoting student mathematical reasoning. Investigations in Mathematics Learning, 7(2), 1-20.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nursyamsi, S. Y., & Corebima, A. D. (2016). The Effect Of Numbered Heads Together (NHT) Learning Strategy On The Retention Of Senior High School Students In Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 2(2), 47-58

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121-134.

Ratnasari, G. I., & Abadi, A. M. (2018, September). Investigating mathematical literacy, mathematical reasoning skill, and self esteem of a public high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012096). IOP Publishing.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-127

Sutriningsih, N., Pratiwi, R., & Utami, B. H. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). JURNAL e-DuMath, 4(2), 11-20.

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-Ruzz Media.

Sugihatno, A. C. M. S., & Slamet, I. (2017, September). Realistic Matematic Approach through Numbered Head Together Learning Model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.

Susilo, Frans. 2012. Landasan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Unal, H., Jakubowski, E., & Corey, D. (2009). Differences in learning geometry among high and low spatial ability pre-service mathematics teachers. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(8), 997-1012.

Young, R. B. & Craig M. Edwards. 2009. Does A Math-Enhanced Curriculum And Instructional Approach Diminish Students’ Attainment Of Technical Skills? A Year-Long Experimental Study In Agricultural Power And Technology. Journal of Agricultural Education, 50 (1), 116 – 126




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.