Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sudut Dan Garis Di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda

Sukriadi Sukriadi, Abdul Basir, Rusdiana Rusdiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII Mts. Normal Islam Samarinda. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling dengan sampel sebanyak 132 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan emosional, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, nilai rata-rata dari data kecerdasan emosional siswa sebesar 178,41 hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional  siswa kelas VII  MTs. Normal Islam Samarinda pada kategori tinggi. Untuk nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 65,33 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas VII Mts. Normal Islam Samarinda pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana, diperoleh persamaan penduga Ŷ = -32,736 + 0,550X. Berdasarkan hasil analisis diperoleh  thit  = 19,631; ttabel= 1,645 dan p = 0,000, diperoleh nilai thit  lebih dari ttabel yaitu 19,631> 1,645 dan taraf signifikansi statistik kurang dari taraf signifikansi penguji α = 0,05 maka persamaan regresi penduga yang diperoleh adalah berarti pada taraf signifikan 5%, sehingga terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. R2 = 0,748 menunjukkan bahwa 74,8% hasil belajar matematika siswa dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII MTs. Normal Islam Samarinda.

Full Text:

PDF

References


Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S.B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Winkel, WS 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lanawati, Sri. 1999. Hubungan Antara Emotional Intelligence dan Intelektual Quetion dengan Prestasi Belajar Siswa SMU. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Saphiro, Lawrence E. 1998. Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: Gramedia.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S B. & Zain, A. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2009. Psikilogi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2007. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Azwar, Saifuddin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Balajar Offset.

Goleman. 2002. Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.