Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah

Alfonsa M Abi

Abstract


Etnomatematika merupakan matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu.  Itu berarti etnomatematika bukan sekedar bicara tentang etnis atau suku. Karena pengajaran matematika di sekolah dan matematika yang ditemukan anak dalam kehidupan sehari-hari sangat berbeda, maka pembelajaran matematika sangat perlu memberikan muatan/menjembatani antara matematika dalam dunia sehari-hari yang berbasis pada budaya lokal dengan matematika sekolah. Melihat kurikulum 2013 yang menanamkan pemikiran ilmiah dan pendidikan karakter, menjadi rasional untuk mengintegrasikan  etnomatematika dan pembelajaran matematika. Tulisan ini membahas kemungkinan pengintegrasian etnomatematika  ke dalam kurikulum matematika dan model pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.

Full Text:

PDF

References


Gerdes, P. “On Ethnomathematics and the Transmission of Mathematical Knowledge In and Outside Schools in Africa South of the Sahara.”Les Sciences Hors D'occidentali Me Siecle. (5): 229-246. 1996.

Lipka, J. & Irhke, D. A. “Ethnomathematics applied to classrooms in Alaska: Math in a Cultural Context. ” The Journal of Mathematics and Culture. 3 (1):8-10. 2009.

Uloko, E.S. & Imoko, B. I. “Effects of ethno mathematics teaching approach and gender on students’ achievement in Locus.” Journal National Association Social Humanity Education. 5 (1): 31-36. 2007.

Sirate, F. S. ”Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.” Lentera Pendidikan. 15 (42): 41-54. 2012.

Hartoyo, A. ”Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar.” Jurnal Penelitian Pendidikan. 1 (13): 14-23. 2012.

Tandililing, E. ”Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah.” Prosiding. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ”Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik" pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.

Suherman, dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica. 2003.

Johnson, E. B. CTL (Contextuak Teaching & Learning). Bandung: Kaifa. 2014.

Yenti, I. N. “Pendekatan Kontekstual (Ctl) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika.” Ta’dib. 2 (12): 118-125. 2009

Lestari, S. “Pembelajaran Kontekstual Bermedia Objek Nyata pada Perkalian dan Pembagian untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Sains. 4 (2): 238-249. 2014.

Senjawati, E. I. “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMk di Kota Cimahi.” Prosiding. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema ” Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika untuk Menunjang Optimalnya Hardskill dan Softskill siswa” pada tanggal 27 Nopember 2014 di STKIP Siliwangi. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.