Pengembangan Pembelajaran Scientific Berbasis Multirepresentasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi dalam kurikulum 2013. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul yang menunjang pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific dalam kurikulum 2013 dan menjelaskan keterpakaian modul yang dikembangkan untuk menunjang pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific dalam kurikulum 2013, dan melihat keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam menerapkan modul scientific berbasis multirepresentasi di SMP. Adapun target yang dicapai melalui penelitian ini adalah terbitnya sebuah karya ilmiah yang dapat memberi wawasan dan pengetahuan bagi pembaca melalui publikasi ilmiah dalam jurnal ber-ISSN dan terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D tanpa tahap Dissemination. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP di Kota Singkawang. Dari populasi yang ada dipilih dua SMP di Kota Singkawang yang menjadi sampel penelitian melalui teknik random sampling. Satu kelas VII yang berada di kedua SMP tersebut diberikan pembelajaran dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran scientific berbasis multirepresentasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, modul scientific berbasis multirepresentasi mendapatkan respon yang sangat baik oleh siswa dan memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan modul scientific berbasis multirepresentasi terlaksana dengan sangat baik di kelas VII SMP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oema. 2011. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Mandar Maju.
Kaput, J. (1987). Representation Systems and Mathematics. Dalam Claude Janvier (editor). Problems Of Representations In The Teaching And Learning Of Mathematics. London: LEA.
Kartikasari, H.A., S. Wahyuni, dan A.D. Lesmono. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientifik Approach pada Pokok Bahasan Mendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Besaran dan Satuan di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(1): 64-68.
Mendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016, tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Krikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Rosengrant, D., Etkina, E., & Van Heuvelen, A. (2007, January). An overview of recent research on multiple representations. In AIP Conference Proceedings (Vol. 883, No. 1, pp. 149-152). AIP.
Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.