PROFIL PENALARAN SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TIMSS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Sukriadi Sukriadi, Kurniawan Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa SMP kelas VIII gender laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah matematika TIMSS di SMPN 5 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan kualitatif didasarkan atas pertimbangan karena penelitian ini berlatar alami dan instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis dilakukan secara mendalam pada siswa gender laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan. Tahapan analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek gender laki-laki mampu memahami masalah dengan baik informasi yang diketahui dan kecukupan informasi dari masalah matematika TIMSS, serta dapat melakukan penyelesaian dengan baik dan mengungkapkan bahwa langkah yang dilakukan telah sesuai dengan rencana. Sedangkan penalaran subjek gender perempuan yaitu subjek telah mampu memahami masalah dengan menyebutkan informasi yang diketahui, namun belum mampu menganalisis masalah dengan tepat, sehingga pada tahap melaksanakan pemecahan masalah subjek gender perempuan menunjukkan hasil yang belum baik.

Keywords


Problem Solving; TIMSS; Gender

Full Text:

PDF

References


Bieda, K. N. Et.al. (2013). Reasoning And Proving Opportunities In Elementary Mathematics Textbooks. Michigan State University, United States. International Journal of Educational Research. Elsevier.

Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator. 2007 Vol. 17 No 2, pp 7-14.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22, 23, 24 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

English, L.D. (2004). Mathematical And Analogical Reasoning of Young Learners. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Gunhan, B. C. (2014). A Case Study On The Investigation Of Reasoning Skills In Geometry. Department of Primary Mathematics Education, Dokuz Eylul University. South African Journal of Education; 34(2). Art. # 910, 19 pages.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No 68 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Mullis, I.V.S., Martin M.O.,Ruddock, G.J., O’Sullivan, C.Y., Preuschoff, C. (2009). TIMSS 2011 Assessment Framework. Chestnut Hill : Boston College.

Mullis, I.V.S., Martin M.O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 Internastional Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center. Boston College.

Nafi’an, I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender di Sekolahan Dasar. Makalah PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY ISBN:978-979-16353-6-3.

Pehkonen, E. (2011). “Problem Solving in Mathematics Education in Finland”. Different conceptions of the mathematical knowledge needed for teaching and how it can be acquired, and its relation to pedagogical knowledge. pp 1-5.

Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Reed, S. K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Stacey, K.. (2010). Mathematics Teaching And Learning To Reach Beyond The Basics. Research Conference: University of Melbourne.

Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Makalah PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.FMIPA UNY ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.

Zhu, Z. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving Pattern: A review of literature. International Education Journal, Vol 8 No 2, 187-203. ISSN 1443-1475, Shannon Research Press.

Zulkardi. (2013). Develop Inductive Reasoning On Pattern Numbers With A Realistic Mathematics Education Approach In The Ninth Grade Students In Mts Al-Kenaniyah, Jakarta. Proceeding The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, Sriwijaya University, Palembang. ISBN: 978-602-17465-1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.