Pengembangan LKS Berbasis Dongeng untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Se-Kota Sintang

Olenggius Jiran Dores, Beni Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Literasi matematis siswa kelas IV SD se kota Sintang, mengkaji Perbedaan literasi matematis siswa antara sebelum dan setelah mengerjakan lks berbasis dongeng dan mengembangkan lks berbasis dongeng untuk meningkatkan literasi matematis siswa kelas IV sekolah dasar se kota Sintang. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas 4 dari 21 SD di Kota Sintang dengan kategori siswa berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Desain penelitian ini merupakan riset and development. Adapun tahapannya adalah (1). Studying research findings, (2). Developing the product, (3). Field testing, (4). Revising. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; kemampuan literasi matematis siswa kelas IV SD se-kota Sintang masih rendah dengan nilai rata – rata 42,90 pada semua level kemampuan dengan persentase 80,32%, terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis sebelum dan setelah mengerjakan lks berbasis dongeng dengan kenaikan rata – rata hasil tes 8,48, lks berbasis dongeng dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa se-kota Sintang.

 

Kata Kunci: LKS Berbasis Dongeng, Literasi Matematis; Siswa SD; Kota Sintang

Keywords


LKS Berbasis Dongeng, Literasi Matematis; Siswa SD; Kota Sintang

Full Text:

PDF

References


Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1)

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2015). TIMSS 2015 International Results In Mathematics. Boston College

NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Pertiwi, A. R. (2011). Peningkatan Minat Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mendongeng (Story Telling) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pabelan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42-49.

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Paper (diterbitkan)

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Paper (diterbitkan)

Utari, S. (2006). Berfikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006: tidak diterbitkan.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5)

______. (2016). Results from PISA 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.