Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 3 Singkawang

Ilham Afandi, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Nurul Husna

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, persentase dari masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah dan faktor yang mempengaruhi kesalahan dalam penyelesaian soal kemampuan pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Pengambilan data menggunakan tes wawancara dan tes uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelompok atas adalah tinggi sebesar 81, siswa kelompok tengah adalah sedang sebesar 64 dan siswa kelompok bawah adalah sangat rendah sebesar 49 2) persentase masing-masing indikator kemampuan pemecahan masalah pada indikator pertama yaitu memahami masalah sebesar 76,79, indikator kedua yaitu menyusun rencana penyelesaian sebesar 46,43, indikator ketiga yaitu melaksanakan penyelesaian rencana sebesar 30,36 dan indikator keempat yaitu memeriksa kembali sebesar 5,36, 3) faktor yang membuat siswa tidak dapat menjawab soal diantaranya adalah masih lemahnya pengetahuan siswa dalam materi pertidaksamaan linear satu variabel, ini dapat dilihat dari hasil analisis tes yang diambil dari data tabel analisis kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa cenderung langsung menjawab soal tanpa melaksanakan keempat indikator yang diberikan pada tiap soal.


Keywords


Kemampuan, Persentase dan Faktor Pemecahan Masalah; Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Full Text:

PDF

References


Arifah,Fatih dan Yustisianisa. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Mentari Pusaka

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka, Murdani. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Sistematis Siswa Kelas VI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual pada Materi Jajargenjang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol . 3 No. 1

Ferdinandus, Mone. 2017. Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No 1.

Hartanto, Yusuf. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

http://repository.unib.ac.id/8426/2/I,II,III,2-13-her.FI.pdf

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Moleong, Lexy J . 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unevesity Press.

Nurhayati, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1

Priawan, I Made. 2015.Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo.

http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/articel/viewFile/12372/12240

Siregar, syofian. 2013. Statistik Paramatrik Untuk Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung : ALFABETA.

Uno, Hamzah B. 2013. Assesment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.