Analysis of the Ability of Class IX Students In Solving Quadratic Equation Problems

Ali Kuswoyo

Abstract


The problem addressed in this study is the variation in the ability of ninth-grade students at SMPN Satu Atap 1 Kalipucang in solving mathematical problems, particularly quadratic equations. Some students demonstrate excellent abilities, while others face difficulties in understanding and solving quadratic equation problems accurately and systematically. This variation in abilities highlights challenges in mathematics education that need to be addressed. This study aims to evaluate students' ability to solve mathematical problems, with a focus on quadratic equations. The method used is descriptive analysis with a combination of quantitative and qualitative approaches. The quantitative technique is used to assess students' ability levels through tests, while the qualitative technique is employed to delve deeper into the students' thought processes through interviews. The results indicate that students with high and very high abilities can solve quadratic equation problems well. On the other hand, students with medium ability levels struggle with understanding basic concepts and structured problem-solving steps. Meanwhile, students with low and very low abilities have difficulty understanding the material in-depth, resulting in their inability to solve the problems effectively. These findings suggest the need for a more systematic teaching approach, focusing on strengthening basic understanding and providing additional practice to enhance problem-solving skills, particularly in quadratic equations.

Analisis Kemampuan Peserta Didik Kelas IX Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat

 

ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah adanya variasi kemampuan peserta didik kelas IX di SMPN Satu Atap 1 Kalipucang dalam memecahkan masalah matematika, khususnya materi persamaan kuadrat. Beberapa peserta didik menunjukkan kemampuan yang sangat baik, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat secara tepat dan sistematis. Variasi kemampuan ini menunjukkan adanya tantangan dalam pembelajaran matematika yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika, dengan fokus pada topik persamaan kuadrat. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik melalui tes, sementara teknik kualitatif digunakan untuk menggali lebih dalam proses berpikir peserta didik melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi dan sangat tinggi mampu menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat dengan baik. Sebaliknya, peserta didik dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar dan langkah-langkah penyelesaian. Sementara itu, peserta didik dengan kemampuan rendah dan sangat rendah kesulitan dalam memahami materi secara mendalam, sehingga tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik. Temuan ini mengindikasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih sistematis, dengan fokus pada penguatan pemahaman dasar dan latihan ekstra untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika, khususnya pada materi persamaan kuadrat.

Kata Kunci :

Analisis; Persamaan Kuadrat; Variasi kemampuan


Keywords


Analysis; Quadratic Equations; Ability Variations

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik peserta didik kelas XI SMA Putra Juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Akbar, Z. (2019). Pengaruh pemahaman langkah-langkah Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 45-59.

Darmawan, I. (2021). Penerapan problem-based learning dalam meningkatkan keterampilan problem-solving siswa pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(4), 112-125.

Halawati, F. (2018). Pengaruh model pembelajaran matematika realistik berbasis media terhadap kesulitan belajar peserta didik. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 6(1), 23-29.

Halawati, F. (2019). Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemahaman matematika. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 5(2), 64-76.

Halawati, F. (2020). Pengaruh penggunaan metode index card match terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 1(1), 33-39.

Halawati, F., & Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prilaku peserta didik MI. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.

Halawati, F. (2021). Pembelajaran matematika menggunakan media audio visual pada masa pandemi Covid-19. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 254-261.

Halawati, F., & Laelasari, D. (2022). Mathematics communication ability in mathematics learning. International Conference on Islamic Studies, 3(1), 72-81.

Hidayat, R. (2019). Metakognisi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 12(3), 201-210.

Hidayat, R. (2020). Bimbingan intensif untuk siswa dalam memecahkan soal matematika: Studi kasus pada persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 13(1), 44-53.

Insani, S. U., & Akbar, P. (2019, October). Development of open-ended based mathematics problem to measure high-level thinking ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012047). IOP Publishing.

Iskandar, I., Kurniawan, A., & Sari, D. (2018). Motivasi intrinsik dalam pembelajaran matematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan problem-solving siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 14(2), 98-107.

Kountul, Y. K., & Wibowo, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran video Sparkol Videoscribe pada materi lingkaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 142-158. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207

Mahmudi. (2022). Ilmu pendidikan mengupas komponen pendidikan. Deepublish Publisher.

Nugroho, R., & Attin Warmi. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMPN 2 Tirtamulya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(2), 407–418. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis kesalahan peserta didik SMK dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi program linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Pramudya, R. (2018). Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan diskusi untuk siswa kesulitan dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 34-45.

Sari, R. (2022). Penggunaan teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran persamaan kuadrat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 67-79.

Setiawan, M. (2021). Peran kebiasaan berlatih dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 20(1), 23-36.

Siahaan, M. (2020). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika bagi siswa dengan kemampuan rendah. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(3), 78-91.

Siahaan, M., Sutanto, A., & Lestari, D. (2020). Pentingnya kebiasaan belajar dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 16(2), 145-159.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif Jigsaw terhadap kemandirian belajar peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 144–155.

Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2019). Efektivitas penerapan strategi React terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy peserta didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 431-436.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan kemampuan awal matematika. Moshrafa Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Suryani, N., Hidayat, S., & Prasetya, B. (2020). Metakognisi dan strategi pembelajaran dalam meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa dengan kemampuan rendah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(4), 230-243.

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis kesalahan peserta didik kelas IX-G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.

Yuwono, T., Kurniawan, H., & Wijaya, S. (2018). Peran perencanaan dan pemeriksaan ulang dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(3), 88-99.

Yuwono, T., Spanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa peserta didik matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 119-130.

Widodo, S. (2013). Tantangan siswa dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(3), 120-131.

Wijaya, M., Nugroho, R., & Wulandari, E. (2022). Latihan soal matematika yang bervariasi untuk mengembangkan keterampilan problem-solving siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan, 18(2), 143-154.

Wijaya, P. S., & Wahyuni, R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 39-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.