Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP

Firman Firman, Mariyam Mariyam, Rika Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sesudah menggunakan model pembelajaran group investigation. (2) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (3) aktivitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. (4) respon siswa terhadap model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Singkawang di kelas VIII menggunakan metode ekperimen dengan rancangan berupa pre-test dan post-test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Singkawang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 32 orang siswa. Untuk teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik Purposive Sampling. Soal yang diberikan dalam bentuk essay terdiri dari 3 soal untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang telah diuji cobakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran group investigation mencapai kriteria sedang, (2) keterlaksanaan pembelajaran tergolong baik setelah diterapkan model pembelajaran group investigation dengan kriteria sangat baik, (3) aktivitas siswa tergolong aktif setelah diterapakannya model pembelajaran group investigation dengan presentase skor aktivitas siswa berada pada ktiteria baik, (4) respon siswa tergolong kategori positif  terhadap penerapan model pembelajaran group investigation dengan kriteria baik.

Keywords


Group Investigation, Keterlaksanaan, Aktivitas, Respon

Full Text:

PDF

References


Arifani(2015) Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang Jurnal Edumath , Volume 3 No. 2, (2017) Hlm. 155-163

Aisyah (2006:14) model pembelajaran teams games tournaments tgt Vol 3, No 6 (2015)

Indriani (2013) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2, No 7 (2013)

Krismanto (2003:7) beberapa teknik, model dan strategi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didaktik Matematika Vol 3, No. 1 (2003)

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles Standars For School Mathematics. Virginis Reston: United States of Amerika

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika vol 1 tahun 2012

Sugiyono (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.