Development of Flipbook Learning Media to Increase Students' Interest in Learning the Material Lines and Angles at SMPN 9 Pontianak
Abstract
The low interest of students in learning mathematics makes teachers have to innovate in developing a media that can motivate students in participating in mathematics learning. This study aims to develop flipbook learning media to increase students' interest in learning the material of lines and angles with the criteria of feasible, practical, and effective. The research method used is the Research and Development method which refers to the 4-D model which is modified only to the Develop stage, namely Define, Design, Develop, and Desseminate. The subjects of the study were students of class VIIB of SMP Negeri 9 Pontianak. The results of the study obtained were the results of media expert validation of 82.96% and material expert 90.62% with the category of feasible to use. The results of the student response rate were 80.21% and teachers 92.65% with the category of practical to use. While the results of the t-test showed that there was a significant difference in student learning outcomes before and after the application of flipbook learning media, this indicates that flipbook learning media is effective to use.
Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Di SMPN 9 Pontianak
ABSTRAK
Rendahnya minat siswa dalam belajar matematika membuat guru harus melakukan inovasi dalam mengembangkan suatu media yang dapat membuat siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Materi garis dan sudut dengan kriteria layak, praktis, efektif. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D yang dimodifikasi hanya sampai tahao Develop yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIIB SMP Negeri 9 Pontianak. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu hasil valiasi ahli media 82,96% dan ahli materi 90,62% dengan kategori layak digunakan. Hasil angkat respon siswa 80,21% dan guru 92,65% dengan kategori praktis digunakan. Sedangkan hasil uji-t menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran flipbook, hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook efektif digunakan.
Kata Kunci : Flipbook; Garis; Sudut; Define; Design; Develop; Desseminate 4-D.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027
Adil Hulu, Y., Gulo, aman, Ayu Telaumbanua, T., Druru, M. (2023). Pengembangan Media Permainan Puzzle pada Siswa SMP dengan Materi Teks Eksposisi. Journal on Education, 06(01), 5311–5317.
Alfiyah, Z., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Query Date: 2023-09-24 18:05:34. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1297/0
Amanullah, M. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL GUNA MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Ananda, E., & Wandini, R. (2022). Analisis Perspektif Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Query Date: 2023-09-24 18:05:34. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/2773/0
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V2i1.1521
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Hasriani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Mata Pembalajaran IPA Kelas IV SD Inpres Tello Baru Makassar. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
Hikmah, S. N. (2021). HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 291), 33-39. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Hulu, F. E., Harefa, P., Angelus, D., Laia, E., Harefa, T. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Cerita Fantasi Kelas VII SMP Negeri 1 Botomuzoi. Journal on Education, 06(01), 4224–4232.
Juliasnyah, W. A., Suryani, N., & Agung, L. (2016). Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa. TEKNODIKA, 14(1), 51-59. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika
Karo, I. R., & Rohani. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOMA, 7 (1), 91- 96.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ Ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah Di Abad Ke-21. Madiun: Perpustakan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (Kdt).
Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.
Masturi, Fakhriyah, F., Sumaji, & Roysa, M. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Ditinjau dari Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Muhammadiyah I Kudus. Refleksi Edukatika, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.24176/re.v5i2.588
Meliana, F. M., Herlina, S., Agus Dahlia, dan, & Artikel ABSTRAK, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjmev6ì1.5712
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pebelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(1), 95–105.
Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4 N.
Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. 2021. Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177–188.
Nur, M., Prihatiningtyas, N., & Rosmaiyadi, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning pada Materi Statistika. Variabel, 3(1), 26-35. doi:http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i1.1317
Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Nurhasanah, F. I., & Firdaus, E. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan. In Metode Pjbl Kurikulum Merdeka SMA (Vol. 10, Issue 2).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pinta, P., Bate’e, P., Citra, U., Zebua, K., Nazara, E., Bawamemewi, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Journal on Education, 06(01).
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19-32.
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213
Retno, A. J. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Creator Bookuntuk Meningkatkanhigher Order Thinking Skill (Hots) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rizkiardi, R. M., & Subali, B. (2018). Dampak Model Pembelajaran Auditory, Intellektualy, Repatition (Air) Terhadap Minat Belajar Siswa. Inopendas Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.112- 120
Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Runtut Bela Vista, E., & Chasanatun, F. (2023). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271-279.
Shawmi, A. N., Samiha, Y. T., Raihan Alfarizi, M., Liza, T., Sapitri, W., Miliyarta, U., Lauren Liza, L., & Guru, P. (2023). ANALISIS HASIL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. In JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research (Vol. 02).
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yuniarrahmanaa, S., Matsuna, & A, S. L. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Fisika Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Usaha Dan Energi Sma Negeri 1 Matan Hilir Utara. SKRIPSI Mahasiswa UM, 9(3), 213–220. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/81579.html
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.