Mathematics Learning Innovation: Interactive Learning Videos to Increase Student Learning Activity and Motivation
Abstract
Inovasi Pembelajaran Matematika : Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa di mata pelajaran matematika. Keaktifan dan motivasi siswa menjadi faktor penting dalam proses belajar mengajar, terutama dalam konteks pendidikan matematika yang sering dianggap menantang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian studi literatur, dengan analisis terhadap 23 artikel penelitian yang relevan yang diterbitkan antara tahun 2022 hingga 2024. Artikel yang diperoleh dilakukan pencarian pada google database dan penggunaan publish or perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa video pembelajaran interaktif dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelas dan kolaborasi dalam kegiatan kelompok. Siswa yang menggunakan media ini merasa lebih terlibat dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, yang berdampak positif pada pemahaman konsep-konsep matematika yang abstrak. Selain itu, video pembelajaran yang menarik dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Temuan ini sejalan dengan pendapat para peneliti sebelumnya yang menyatakan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Simpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa integrasi video pembelajaran interaktif merupakan strategi yang efektif untuk menciptakan suasana belajar yang dinamis dan meningkatkan motivasi serta keaktifan siswa dalam belajar matematika. Oleh karena itu, disarankan bagi pendidik untuk menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran guna mencapai hasil yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi matematika secara lebih mendalam. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dalam era digital saat ini, serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan.
Kata Kunci : video interaktif; motivasi; keaktifan; inovasi pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ai Muflihah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 152–160. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.86
Aini, Z., Nirwana, H., & Marjohan, M. (2018). Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i1.1941
Anggraini, T., Widarti, H. R., & Rokhim, D. A. (2024). Development of Instagram and Tiktok-Based Learning Media on Qualitative Analysis Material of Group I and Ii Cations With a Multi-Representation Approach. Journal of Educators Online, 21(2). https://doi.org/10.9743/JEO.2023.21.2.1
Anyan, A., & Setyawan, A. E. (2022). Keefektifan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk Pada Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 140–148. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1574
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi di MI Unwanul Falah. PETIK, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.4
Bukhatwa, B., Al Ruqeishi, E. N. A., & Al Khamisi, F. M. H. (2022). The Usefulness of Technology-based Interactive Methods in Teaching Mathematics and Statistics at the College Level. Shanlax International Journal of Education, 10(3), 30–40. https://doi.org/10.34293/education.v10i3.4627
Byhar, H., Pits, I., Prokop, I., Shevchuk, K., Shestobuz, O., & Makoviichuk, O. (2022). Interactive Learning in the Preparation of Students 1-4 Grades. Journal of Curriculum and Teaching, 11(1), 87–100. https://doi.org/10.5430/jct.v11n1p87
Dewi, I. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Karakter Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 53(February), 2021.
Dirgari, Y., Panjaitan, R. G. P., & Kusmawati, A. (2023). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 56–65. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5688
Eden, R. (2023). Reflecting Together : Classroom Video as a Tool for Teacher Learning in Mathematics. RESEARCH PAPERS, 2015, 179–186.
Fatimah, C. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jurnal Dunia Ilmu, 3(1), 1–14.
Getenet, S., Worsley, S., Tualaulelei, E., & Pillay, Y. (2022). The Role of Technologies to Enhance Pre-service Teachers’ Engagement in an Online Mathematics Education Course. 2018, 241–249.
Ghufron, S., Nafiah, Djuwari, Rulyansah, A., & Saputri, T. (2024). Effectiveness of Innovative Learning Media in Elementary Schools during the Covid-19 Pandemic. Pegem Egitim Ve Ogretim Dergisi, 14(3), 230–242. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.22
Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Numeracy, 6(2), 1–23.
Gül Çelebi-Ilhan, E., & Ören-Vural, D. (2022). Elementary Pre-service Mathematics Teachers’ Noticing Teaching Practices Based on TIMSS Video Study. Electronic Journal for Research in Science & Mathematics Education, 26(3), 129–152.
Gündüzalp, C. (2024). Interactive Videos in Web-Based Education: Technology Proficiency and Digital Literacy Levels. Kuramsal Eğitimbilim, 17(3), 738–764. https://doi.org/10.30831/akukeg.1390764
Harwati, C. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 52.
Herianto, & Wilujeng, I. (2021). Increasing the attention, relevance, confidence and satisfaction (Arcs) of students through interactive science learning multimedia. Research in Learning Technology, 29(1063519), 1–13. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2383
Ibrahim, M., & Srikanth. (2024). The Future of Virtual Reality. International Journal of Research Publication and Reviews, 5(5), 5789–5792. https://doi.org/10.55248/gengpi.5.0524.1266
Islahati, H. Z., & Saluky, S. W. (2024). Pengembangan Video Interaktif Math Battle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. As-Sabiqun, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1313
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Khairunnisa, Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hotsmateri Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 384–399. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7267
Kocagül, M., & Ünal Çoban, G. (2024). Evaluation of pre-service Science and Math teachers’ online teaching experiences within the TPACK framework. Journal of Educational Technology and Online Learning, 7(2), 149–167. https://doi.org/10.31681/jetol.1332419
Kurnianto, B., & Sarwono, R. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14
Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2024). A Case Study on Students’ Critical Thinking in Online Learning: Epistemological Obstacle in Proof, Generalization, Alternative Answer, and Problem Solving. Mathematics Teaching-Research Journal, 15(6), 74–93.
Mansour, N., Çevik, M., Yağci, A., Alotaibi, S. B. M., & El-Deghaidy, H. (2024). Modeling the Factors Influencing Secondary Students’ Performance in Stem Subjects. Journal of Baltic Science Education, 23(3), 518–535. https://doi.org/10.33225/JBSE/24.23.518
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Maulidyanawati, A. M., Triyanto, & Riyadi. (2024). Student Perspectives About the Flipped Classroom Model That Used to Improve Civic Literacy. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2), 275–280. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.31
Mock, A., & Hodis, G. (2022). Together for good: Aspects of supportive communication between tertiary classmates that lead to academic success. Kairaranga, 23(1), 50–65. https://doi.org/10.54322/kairaranga.v23i1.279
Muhammad Azhar, & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 1–15. https://irbijournal.com/index.php/uherj/index
Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
Murtiyasa, B., & Amini, A. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1554. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3711
Naidoo, J., & Hajaree, S. (2022). Exploring the perceptions of Grade 5 learners about the use of videos and powerpoint presentations when learning fractions in mathematics. South African Journal of Childhood Education, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.4102/sajce.v11i1.846
Ndungo, I., & Nazziwa, C. (2023). Characterizing the Effectiveness of Video Recordings in Mathematics Instruction within Higher Education: Minimizing Direct Teacher-Student Interaction through Technological Modalities. Asian Journal of Education and Social Studies, 49(4), 95–105. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v49i41191
Nikmah, F. (2019). Pengembangan Bakat Siswa Melalui Alat Permainan Edukatif. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Nyirahabimana, P., Minani, E., Nduwingoma, M., & Kemeza, I. (2023). Students’ Perceptions of Multimedia Usage in Teaching and Learning Quantum Physics: Post-Assessment. Journal of Baltic Science Education, 22(1), 37–56. https://doi.org/10.33225/jbse/23.22.37
Puspawati, P., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 575-590.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Rachman, A., Oktoviandry, R., & ... (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Edpuzzle Bagi Guru Smpn 4 Harau Kabupaten Lima Puluh …. Community …, 4(5), 10928–10933. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21854%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/21854/15409
Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2778
Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176
Rahmi, U., Fajri, B. R., & Azrul, A. (2024). Effectiveness of Interactive Content with H5P for Moodle-Learning Management System in Blended Learning. Journal of Learning for Development, 11(1), 66–81. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.1135
Ramadhan, I. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Active Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Mode True Or False di SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Jurnal Kependidikan, 13(1), 847–856. https://jurnaldidaktika.org847
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Rosiana, S., Rosmaiyadi, R., & Setyowati, R. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA. Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 82-94.
Safitri, S., Ardiawan, Y., Haryadi, R., & Pgri Pontianak, I. (2024). Penggunaan Video Pembelajaran MenPenggunaan Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswaggunakan Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 77–89. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3098
Sari, F. W., Wakhyudin, H., & Zahra, A. (2024). Mengembangkan Literasi Budaya Melalui Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Ipas Kelas 4 Sdn Sendangmulyo 02 Semarang. Sports Culture, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 22–31.
Silaen, R. T. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Infokus Dalam Pembelajaran Matematika Sma Di Sumatera Utara. Sepren, 4(02), 166–173. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1029
Sodikin, S., Santoso, G., Permata, D., Guntur, M., & Juryati, J. (2024). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat pada Siswa Kelas 3 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Interaktif. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 03(01), 35–52.
Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828
Trismawati, T., Astuti, A. P., Bahri, M. S., Basit, A., Indrati, W., Putri, F. R. A., Novitasari, R., Mustafafi, W. Z., & Safira, M. (2022). Adaptasi Teknologi Informasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektifitas Keberhasilan Pembelajaran Daring di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i1.986
Vale, E., & Falloon, G. (2024). Using Learning Analytics to Understand K– 12 Learner Behavior in Online Video-Based Learning. Online Learning Journal, 28(1), 44–68. https://doi.org/10.24059/olj.v28i1.3675
Wahyu, M., Hanifah, N., Rikhayana, N. A., & Ruby, A. C. (2024). Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Slow Learner pada Materi Penerapan Sila-Sila Pancasila di Sekolah Dasar. 4, 34–44.
Yulianti, R., & Marhayani, D. A. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Berdifferensiasi Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN 27 Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 488-502.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.