PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X SMA NEGERI 3 SINGKAWANG

Giyanti Prameswari, Ristia Apriana, Rika Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain True Eksperimental Design dengan bentuk desain Post-test Only Control Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket motivasi belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan model inquiry learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh model inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis digunakan rumus Effect Size, untuk mengetahui pengaruh model inqiry learning terhadap motivasi belajar siswa dan keterlaksanaan model inquiry learning dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu nilai Effect Size yaitu sebesar 0,9 yang berada pada kriteria tinggi; 2) Model inquiry learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar siswa karena persentase rata-rata motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model inquiry learning sebesar 81,64% dengan kriteria sangat tinggi sedangkan persentase rata-rata motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung sebesar 69,28% dengan kriteria tinggi; 3) Keterlaksanaan model inquiry learning terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan model inquiry learning sebesar 81,44% memiliki kriteria sangat baik.  


Keywords


model inquiry learning, kemampuan berpikir kritis matematis, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Badaruddin, Muhammad. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa MTs Nurul Huda Sarimulyo Ngawen Blora. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fahrunnisak, Herlina. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Garis dan Sudut di MTsN Tunggangri. Skripsi Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Hanif, Mami Suryana. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Trenggalek. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson, Elaine B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Ibnu Setiawan (Penerjemah). Bandung: Kaifa.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Forum Kependidikan, Vol. 28, No. 2, Maret 2009.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Saputri, Nur Indah. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Melalui Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA di SD N Punukan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumarni, Margaretha Lidya. (2014). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Syaifurahman, dan Tri Ujiati. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Wahyudi. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Kejuruan Pemesinan Dasar Kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.