PENGARUH KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Buyung Buyung, Resy Nirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakter kerja keras terhadap kemampuan literasi matematis siswa melaui pembelajaran model discovery learning. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan True experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo, Kalimantan Barat. Pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan literasi matematis serta angket dan observasi untuk karakter kerja keras pada tiap sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi mengambarkan persamaan regresi y ̂ = a + bx dimana a = 15.045 dan b = 0.830 sehingga dimasukan ke persamaan y ̂ = 15.045 + 0.830 x. nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Sedangkan ketuntasan klasikal diperoleh nilai Zhitung = 1,89. dibandingkan ztabel = 1,645 dengan taraf kesalahan 5% atau 1,89 > 1,645, maka H0 ditolak. Artinya, proporsi siswa yang mendapat nilai TKLM lebih dari atau sama dengan KKM = 70 telah melampaui 75%.  


Keywords


Discovery Learning, kemampuan aliterasi, karakter, kerja keras

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Joy & Anyfalude. (2014). Impact of Discovery-Based Learning Method on Senior Secondary School Physics. IOSR Journalof Reasearch & Method in Education (IOSR-JRME), 4(3): 32-36.

Kemdiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembanga Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

OECD. (2007). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World.http://www.oecd.org. (diakses 20 September 2016).

OECD. (2012). PISA 2012 Assessment Framework. http://www.oecd.org (diakses 20 September 2016).

OECD. (2013b). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading, and Science (Volume I), PISA, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en. (diakses 20 September 2016).

OECD. (2013a). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en. (diakses 20 September 2016).

OECD. (2016), PISA 2015 Results: Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing.(Volume I) http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en. (diakses 24 desember 2016).

Ojose. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education.June 2011, Vol. 4, No. 1, pp. 89-100.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wei. L.S. ChunTai, W. (2015). Latent class analysis of students’ mathematics learning strategies and the relationship between learning strategy and mathematical literacy. Universal Journal of Educational Research 3(6): 390-395, 20




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.