The Effect of the Project Based Learning Learning Model on the Ability of Problem Solving of Students at SMA Negeri 6 Kepahiang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwasi’a, A. (2020). Analisis Sentimen pada Review Aplikasi Berita Online Menggunakan Metode Maximum Entropy (Studi Kasus: Review Detikcom pada Google Play 2019). Universitas Islam Indonesia. http://dspace.uii.ac.id/123456789/24006
Amiruddin, A., Yunita, E., Sari, M., Siregar, S. M., & Lailan, T. (2023). Pendekatan Sistem dan Pemecahan Masalah Pendidikan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 65–76. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1407
Angelina, S. (2021). Literature Review Sistematis tentang Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA di SMP. [thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.]. http://repository.uin-suska.ac.id/53545/
Anggara, M., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning Untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62–71. https://ejournal.unsap.ac.id/Index.Php/Saee/Article/View/600/262
Batubara, N. K., & Reflina. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Program Linier Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 180–192.
Diana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kemampuan Awal Dan Gaya Belajar Pada Materi Gerak Kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak. IKIP PGRI Pontianak.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Jurnal Primary, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi stem untuk mengingkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/13886
Hafshah, H., Wardani, D. S., & Gumanti, K. A. (2021). Literature Review: Intervensi Kebidanan Terkini Peningkatan Sikap Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak untuk Pencegahan Child Sexual Abuse. Journal of Issues in Midwifery, 5(2), 87–100. https://joim.ub.ac.id/index.php/joim/article/view/436
Haji, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep melalui pembelajaran matematika concept-rich. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 26–28.
Hapsari, H. N., Nurdiana, A., & Kirana, A. R. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Immanuel Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(1), 1–12. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/matematika/article/view/39
Legowo, P., Amara, D. L., Rustam, R., & Budiyono, H. (2023). Kurikulum Prototipe: Fokus Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 299–306. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3164
Lestari, K. ., & Yudhanegara, M. . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8834
Muslim, S. . (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMA. Supremum Journal Of Mathematics Education (SJME), 1(2), 88–95. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/756
Nurhayati, E. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 107–112. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/162
Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.
Prabowo, A. (2013). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa atas permasalahan statistika pada perkuliahan studi kasus dan seminar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 82–90. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2615
Pratiwi, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Memupuk Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus [Doctoral dissertation, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/9713/
Rakhmawati, Y. (2013). Penerapan Model PBL dalam Peningkatan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1908
Rani, T. P. (2023). Penerapan Model Project Based Leanrning Dalam Perspektif Ontologi Dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 1–8. https://www.jurnalp4i.com/index.php/strategi/article/view/1956/1820.
Razak, F. (2017). Hubungan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n1_11
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1153–1163. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/345
Rofiki, I. (2013). Profil pemecahan masalah geometri siswa kelas akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. In In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Vol. 1, pp. 300–310). Surabaya : Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga.
Sari, W. P., Haji, S., & Nirwana. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 103–111. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Son’any, L. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Matematika: Survey Pada Siswa Paket C Di Kabupaten Bekasi. Perspektif, 1(6), 575–587. https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/207
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematik siswa madrasah tsanawiyah melalui pembelajaran generatif. Infinity Journal, 2(2), 156–168. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/32
Sukmawati, E., Ali, H., & Us, K. A. (2022). Pengaruh Berpikir Kesisteman, Batasan Sistem Dan Struktur Sistem Terhadap Pendidikan Islam (Literature Review Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 122–131. https://www.dinastirev.org/JIHHP/article/view/929
Zuam, M., Suryo, W., & WAHID IBNU ZAMAN, W. I. Z. (2022). Analisis Kreativitas Calon Guru Sd Dalam Membuat Soal HOTS Matematika. http://repository.unpkediri.ac.id/4657/
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v9i1.4546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.