IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS PEUBAH BANYAK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Fadrik Adi Fahrudin

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang identifikasi letak, penyebab dan kategori kesalahan yang dilakukan mahasiswa ketika mengerjakan soal Kalkulus Peubah Banyak dengan menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian deskiptif terhadap mahasiswa kelas III-A Program Studi Tadris Matematika, UIN Mataram. Subyek penelitian dan wawancara terdiri dari 2 mahasiswa berkemampuan rendah, 2 mahasiswa berkemampuan sedang dan 2 mahasiswa berkemampuan tinggi. Identifikasi kesalahan mahasiswa dilakukan menggunakan Taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan mahasiswa berada dalam kategori: 1) kesalahan konsep, dikarenakan mahasiswa melakukan kesalahan dalam menentukan batas integral dan kesalahan dalam mensubstitusikan batas integral, 2) kesalahan operasi, mahasiswa melakukan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan ke fungsi integral, 3) kesalahan faktual, mahasiswa tidak bisa menjawab karena tidak memiliki kemampuan dalam memahami soal, dan 4) kesalahan prosedur, mahasiswa melakukan kesalahan dalam sistematika penyelesaian.


Keywords


Identifikasi Kesalahan, Kalkulus Peubah Banyak, Taksonomi SOLO

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Lentera Cendekia

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Hamid, Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hudojo, Herman. 2011. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang Press

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Monks, F. J. dkk. 2004. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Simanjutak. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

 

   

   Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpmi@journal.stkipsingkawang.ac.id/ Wa: +6285245101122

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.