KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS VS PROBLEM BASED LEARNING

Rypan Supriatna, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Penggunaan model pembelajaran bisa digunakan sebagai perangsang minat dan motivasi belajar peserta didik agar bisa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan dan kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta respon peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaan kooperatif tipe Pair Checks dan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Cilawu tahun ajaran 2016/2017, kelas eksperimen I adalah kelas VII-G yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen II adalah kelas VII-H yang mendapatkan model Problem Based Learning dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang.  Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Segiempat. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh kesimpulan: "Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan akhir yang signifikan antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dan model Problem Based Learning”. sedangkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dari kedua kelas dikategorikan tinggi. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menghasilkan respon baik dan respon peserta didik terhadap model Problem Based Learning menghasilkan respon sangat baik


Keywords


Pemahaman Matematis; Kooperatif Tipe Pair Check; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Mosharafa, 6 (3), 463-474.

Alamiah, U. S. dan Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Jurnal Mosharafa, 6 (2), 207-216.

Alan, U. F. dan Afriansyah, E.A. (2017) Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI, 11 (1), 67-78.

Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. UPI. Bandung: tidak diterbitkan

Hudojo, H. (1988). Strategi Pembelajaran Matematika. Malang: Balai Pustaka.

Julita. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Jurnal Mosharafa, 7 (1), 143-154.

Mahmud. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Muna, D. N. dan Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Jurnal Mosharafa, 5 (2), 169-176.

Nadhifah, G. dan Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Mosharafa, 5 (1), 33-44.

Nuraeni, Y. dan Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1 (2), 85-94.

Pamungkas, Y. dan Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3 (1), 122-130.

Rohman, A. (2009). Upaya peningkatan pemahaman konsep bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga. Skripsi STKIP Garut Pendidikan Matematika: tidak diterbitkan

Tan, O. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century, thompson Learning.

Wee K. & Kek. (2002). Authentic Problem Based learning: Rewriting Business Education. Prentice Hall.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7 (1), 51-62.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPMI Indexed by: