Profile of Students' Mathematical Problem Solving Ability in the High Category in terms of Learning Motivation and Numeracy Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhyan, A. R., Sutirna, S., & Sopiany, H. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1749-1760.
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105-128.
Alfiah, S., Mulyadi, M., & Apriyani, D. C. N. (2021). Hubungan Antara Literasi Numerasi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1706-1711.
Alicia, F., Rahayuningsih, S., & Anjariyah, D. (2022, August). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 225-233).
Anggriani, S., Zulkardi, Z., & Putri, R. I. I. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Anita, 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo. Skripsi Tidak Diterbitkan. FKIP-UNCP. Palopo.
Aspriyani, R. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
GLN, T. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 373-380.
Han, Weilin, dkk. 2017. Materi Pendukung Gerakan Literasi.
Hasibuan, I. L., Nafiah, M., & Supriatna, A. R. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Matematika dengan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Utan Kayu Selatan Kecamatan Matraman Jakarta Timur. EDUMAT: Jurnal Edukasi Matematika, 13(1), 1-9.
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis siswa dalam menyelesaikan soal Geometri kubus dan Balok. Prisma, 8(1), 68-79.
Indah, R. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas IX Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. (Skripsi Sarjana, Universitas Cokroaminoto Palopo). http://repository.uncp.ac.id/835/1/Indah%20R_1601402091.pdf
Kaka, A., Ate, D., & Making, S. R. M. (2021). Kaka Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N. 1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88-96.
Komariya, K., Farida, N., & Vahlia, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran FSLC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 96-102.
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape ditinjau dari kecerdasan majemuk. MATHEdunesa, 8(2).
Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 16–23.
Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 68-76.
Mailili, W. H. (2018). Deskripsi hasil belajar matematika siswa gaya kognitif field independent dan field dependent. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1-7.
Meliana, R., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(1), 29-48.
OECD (2019). PISA 2018 insights and interpretations. In OECD Publishing.
Priyonggo, H. W. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Agito (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Sopiany, H. N., Juandi, D., & Sari, R. M. M. (2022, May). Implementation of the school literacy movement development stage in fostering secondary school students’ mathematical literacy skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2279, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2018. Teknik analisis kuantitatif. Metode penlitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Vol.2, Series 10.
Syafii, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkala Barat Dalam. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar) https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/22427-Full_Text.pdf
Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v8i1.4095
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.