The Implementation of Problem-Based Learning Model to Develop Students' Problem-Solving Abilities in Hybrid Mathematics Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Asfar, I. T. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Sukabumi: CV Jejak.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Dewi, N. R. (2020). Monograf pengembangan pembelajaran preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Tulung: Lakeisha.
Hadi, S. (2021). Pemecahan Masalah Matematika Sekolah dasar. Tasikmalaya: PRCI.
Knight, G. (2009). Filsafat dan pendidikan. Tangerang: UPH Press.
Lintang, A., Masrukan, M., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27-34. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14510
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Muniroh, A. (2015). Academic Engagement : Penerapan Model Problem-Based Learning. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Nuraeni, Y. (2019). Analisis Ways of Thinking siswa dalam menyelesaikan masalah matematis melalui wawancara klinis. Seminar Nasional Matematika ke-11 UGM, 2.
Nuraini, F. (2017). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-jurnal Mitra Pendidikan, 369-379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82
Nurbaiti. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. NEM.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Puspitasari, A., & Noor, T. R. (2020). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3 (2), 439-458. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i2.4019
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rukin. (2019). Metode penelitian kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.
Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90-96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Wahyudi. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118-129. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3696
Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: KENCANA.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v8i2.3817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.