PROFIL PENALARAN GEOMETRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN TEBAS TAHUN 2021

Bistari Bistari, Dea Muziani, Marlena Marlena, Weni Widayanti

Abstract


Tujuan Penelitian berlatar belakang untuk (1) Mengetahui penalaran geometrik siswa SMA (2) Mendapatkan informasi ; (3) Metode pengajaran guru yang masih belum bersifat  kontekstual; (4) Cara berpikir siswa hanya bersifat praktis. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh informasi sebagai berikut: pembelajaran penalaran geometrik SMA berdasarkan jenis kelamin dan jurusan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk analisis dan deskripsi, dan dibagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut: (1) Memberikan soal-soal penalaran geometrik SMA; (2) Menganalisis jawaban sesuai dengan standar penalaran; (3) Petakan jawaban siswa dari hasil analisis sesuai standar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Perbedaan gender siswa dalam penalaran geometrik tidak signifikan; (2) Kemampuan penguasaan konsep geometri berbeda secara signifikan menurut jurusan yang berbeda, dan lebih banyak siswa IPA yang dapat menjawab soal dengan benar.


Full Text:

PDF

References


Herman. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Bandung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetauan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia.

Permana,Y & U. Sumarmo. (2007). Mengembangkan Kemampua Penalaran dan Koneksi Matematis siswa SMA Melalui Problem Based Learning. Jurnal EDUCATIONIST No. 2, Vol. 1 Januari 2007

Rani, Febrian (2019). Analisis perbandingan cara belajar siswa IPA dan IPS pada materi sejarah kelas XI di SMA N 5 padang sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar.

Sudrajat dan Subana. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.