MEMPERKOKOH PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ahmad Yani T, Edy Yusmin, Asep Nursangaji, Rosmaiyadi Rosmaiyadi

Abstract


Setiap anak yang sekolah pasti telah mengenal matematika yang diajarkan dari jenjang pendidikan Dasar dan Menengah baik di sekolah umum maupun di Madrasah. Tujuan Pembelajaran matematika di sekolah adalah menekankan kepada kemampuan menalar dan pembentukan sikap peserta didik.  Oleh karena itu dalam proses pembelajaran dikelas guru harus memperhatikan kompetensi dan karakter siswa. Kompetensi siswa yang berkaitan kemampuan dan penguasaan materi (aspek kognitif dan psikomotor), Sedangkan karakter yang berkaitan dengan pembentukan sikap (aspek Afektif) yang memuat nilai-nilai Pendidikan Karakter . Penanaman ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran matematika di kelas yang menperhatikan kebenaran dari isi, penggunaan media, dan LKPD dari materi yang disampaikan.

Keywords


Nilai; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Matematika; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Al-Mishri, M. (2008). Hiduplah Bersama Orang-Orang Jujur Langkah Mudah Menikmati Hidup Penuh Berkah (Terjemahan). Pustaka Arafah.

As’ari, A. (2017). Buku Guru Matematika Kelas Untuk SMP/MTs Kelas VII, Edisi Revisi. Kemendikbud.

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(1), 1–12.

Jonet, D. J., Paulsen, N., & Cooper, C. (2010). Decline and turnaround: a literature review and proposed research agenda for the hotel sector. Current Issues in Tourism, 13(2), 139–159.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Malim, M., & Kusno, K. (2015). Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Model Linier. Khazanah Pendidikan, 9(1).

Mansur, A. ., Husaini, A., & Tafsir, A. (2016). Model pengajaran karakter kejujuran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (studi inovasi pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Azhaar Lubuklinggau). Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–24.

Marsigit. (2014). Pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika.

Munardji. (2016). KONSEP DAN APLIKASI KEPEMIMPINAN PROFETIK. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(1), 68–86.

Nurhidayah, Yani, A., & Nurlina. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 161–174.

Qusyairy, A. Q. (2006). Risalatul Qusyairiyah Induk Ilmu Tasawuf (6th ed.). Risalah Gusti.

Rosmaiyadi, R., Mariyam, M., & Juliyanti, J. (2018). Pemahaman konsep matematis siswa dengan strategi pembelajaran group to gruop exchange berpendekatan kontekstual. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Salim. (2008). Syarah Riyadhush Shalihin, Jilid 1, Cetakan keempat, Terjemahan (4th ed.). Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Siti Julaiha. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 14(226–239).

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1).

T, A. Y., & Chang, L. H. (2017). Presentation of Mathematics Object in Verbal and Symbolic Forms to Increase Conceptual Understanding in Category Statistics Math. Journal of Education, Teaching and Learning, 2(2), 253–258.

Wahyuningtyas, D. T. (2017). "Pelatihan media pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di gugus 9 kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14(1).

Wicaksana, Y. (2017). Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 305–311.

Yani, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai kejujuran Dalam pembelajaran Matematika. Rizqi Press.

Yani, A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dan Literasi Simbolik Mahasiswa Melalui Model Reciprocal Teaching Pada Mata Kuliah Landasan Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 73–78.

Zarkasi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penyusunan RPP berbasis HOTS melalui Workshop dan Pembimbingan di SMA Negeri 8 Penajam Paser Utara. Kompetensi, 12(1), 86–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.