MODUL KEARIFAN LOKAL MALUKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Emy Sohilait, Ode Abdurrachman

Abstract


Modul pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakter siswa. Kurikulum 2013 menuntu untuk mengintergrasikan kerifan lokal atau potensi yang ada di daerah, sehingga diperlukan modul yang mendukung dengan berbasis kearifan lokal. Penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran dengan menggunakan konteks kearifan lokal Maluku pada materi aritmatika sosial dan perbandingan untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan jenis ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Kristen 1 Leihitu Barat. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan, angket pengguna untuk menilai kepraktisan, dan tes literasi matematis dalam menilai keefektifan terhadap modul pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi modul pembelajaran memenuhi aspek valid dengan memperoleh skor rata-rata 4,2 yang menunjukkan kategori sangat baik; (2) angket respon siswa untuk memenuhi aspek praktis dengan memperoleh skor 4,3 yang menunjukkan kaegori sangat baik; (3) tes kemampuan literasi matematis siswa menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini efektif denganmemperoleh skor 65,22% yang menunjukkan kategori baik. Dengan demikian, modul pembelajaran konteks kearifan lokal Maluku layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Sehingga dapat dijadikan dasar pijakan bagi peneliti yang ingin mengembangkan modul pembelajaran dengan materi lain pada level kemampuan literasi matematis tertentu

Keywords


aritmatika sosial;modul pembelajaran; kearifan lokal Maluku; literasi matematis

Full Text:

PDF

References


Adel, A. M. (2020). LEARNING TRAJECTORY BERBASIS RME. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 51, 1–11.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media.

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2). https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.13359

Khikmiyah, F., & Midjan, M. (2017). Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika Untuk Pembelajaran di SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2). https://doi.org/10.24269/js.v1i2.275

Khotimah, H. (2021). Perkembangan Literasi Matematika di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1–10.

Mahpudin, M., & Yuliati, Y. (2019). Peran Budaya Lokal Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di Cirebon. Proceedings of the ICECRS, 2(1). https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2402

Maulyda, M. A. (2020). PARADIGMA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NCTM (1st ed.; C. I. Gunawan, ed.). Purwokerto: CV IRDH.

OECD. (2012). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014 ). In PISA.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. In OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1).

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1).

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41–54.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2). https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Wardono, & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4978




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.