PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA MATERI SISTEM KORDINAT BOLA DAN SILINDER

Sri Rahmadhanningsih, Ahmad Swandi, Nurhayati Nurhayati, Susalti Nur Arsyad, Asdar Asdar, Bunga Dara Amin, Sparisoma Viridi

Abstract


Salah satu kendala dalam pembelajaran fisika matematik adalah sulitnya mahasiswa memahami konsep-konsep abstrak yang memerlukan penghayalan. Salah satu materi tersebut adalah sistem kordinat bola dan silinder.  Untuk mengatasi hal tersbeut perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan media interaktif yang dapat memvisualisasikan materi tersebut dan dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa. Media tersebut adalah Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual . Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ke-tiga (Pengembangan). Produk yang telah dihasilkan kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli untuk menentukan kelayakan berdasarkan penilain ahli. Kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 6 mahasiswa untuk mengetahui respon mereka terhadap produk penelitian dan menjadi salah satu acuan dalam perbaikan produk. Penilaian oleh ahli menunjukkan produk Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual sangat layak yang ditandai dengan skor persentasi 92,66%. Selain itu, persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual berada pada nilai 84,3% dengan kategori baik

Keywords


Audio-Visual, Sistem Kordinat Bola dan Silinder

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Swandi, A., Amin, B. D., Viridi, S., & Eljabbar, F. D. (2020, April). Harnessing technology-enabled active learning simulations (TEALSim) on modern physics concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 2, p. 022004). IOP Publishing.

Palloan, P., & Swandi, A. (2019, February). Development of learning instrument of active learning strategy integrated with computer simulation in physics teaching and learning on makassar state university. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032016). IOP Publishing.

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Al Hakim, Y. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 134-145.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antarmakhluk hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841-850.

Winarni, W. (2016). Efektifitas Ceramah Dan Audio Visual Dalam Peningkatan Pengetahuan Dismenorea Pada Siswi SMA. Gaster, 14(2), 90-99.

Izzudin, A. M. (2013). Efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Riyanto, N., Asmara, A. P., & Purbalingga, B. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 73-85.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease (COVID-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195–222. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15.

Safira, I., Wahid, A., Rahmadhanningsih, S., & Suryadi, A. (2021). Jurnal Pendidikan Fisika The Relationship between Students ’ Learning Motivation and Learning Outcomes through Guided Discovery Model Assisted Video and Interactive Simulation. 9(2), 145–153. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.5107

Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.

Amin, B. D., Haris, A., & Swandi, A. (2019). Implementation of Physics Learning Based on Hypermedia To Enhance Student’S Problem Solving Skill. International Journal of Teaching & Education, VII(2), 1–11. https://doi.org/10.20472/te.2019.7.2.001Amin, B. D., & Mahmud, A. (2016). The Development of Physics Learning Instrument Based on Hypermedia and Its Influence on the Student Problem Solving Skill. Journal of Education and Practice, 7(6), 22-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.