GAME EDUKASI MATEMATIKA “Tang Mane Bakoel Saprahan” DENGAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL MELAYU KALIMANTAN BARAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. Jurnal of Education and Information Communication Technology (JOEICT), 03(02), 160–168.
Arifin, A., Marlianto, F., & Budiman, A. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pakaian Tradisional Indonesia Berbasis Android. Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, 1(2), 1–9.
Diana, N. P. R. (2010). The Advantages and Disadvantages of Using Games in Teaching Vocabulary to The Third Grades of Top School Elementary School. Final Project Report English Diploma Progtram Faculty of Letters and Fine Arts Sebelas Maret University.
Fithriyah, I., & As’ari, A. R. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Materi Luas Permukaan Bangun Ruang untuk Jenjang SMP. Universitas Negeri Malang.
Granic, I., Lobel, A., & Engels, R. C. M. E. (2014). The Benefits of Playing Video Games. American Psychological Association, 69(1), 66–78. https://doi.org/10.1037/a0034857
Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif ( Educational Games ) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia.
Irwanto. (2021). Perancangan Media Game Edukasi untuk Mata Pelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Waterfall di SMK Negeri 2 Kota Serang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2311–2322.
Kore, D., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Peran Permainan Ludo dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Muazzomi, N. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini melalui Aplikasi Microsoft Power Point. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 133–142.
Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71–80.
Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. E-Journal Teknik Informatika, 12(1).
Susanto, R. R., Purwiantono, F. E., & Prasetyo, K. W. (2018). Game ID Card Puzzle Berbasis Virtual Reality Untuk Mengenalkan Kebudayaan Tradisional Indonesia. Information System For Educators and Professionals, 3(1), 13–22.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan.
Tirtouotomo, S. (2015). Perancangan Media Board Game untuk Remaja Tentang Perilaku Baik dan Buruk. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(6).
Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbahasa inggris berdasarkan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada materi balok dan kubus untuk kelas viii smp. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 534–549.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran.
Zirawaga, V. S., Olusanya, A. I., & Maduku, T. (2017). Gaming in Education : Using Games as a Support Tool to Teach History. Journal of Education and Practice, 8(15), 55–64.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.2695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.