ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS IX
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi kubus dan balok. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-C SMP Negeri 2 Singkawang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, tes kemampuan penalaran analogi matematis dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Kemampuan penalaran analogi matematis siswa pada materi kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar tinggi terdapat 8 siswa rata-rata (62,88) pada kategori sedang, sebagian besar siswa tidak dapat pada tahap Applying, 2) Kemampuan penalaran analogi matematis siswa pada materi kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar sedang terdapat 16 siswa rata-rata (46,48) pada kategori sedang, sebagian besar siswa tidak dapat pada tahap Mapping, 3) Kemampuan penalaran analogi matematis siswa pada materi kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar rendah terdapat 6 siswa rata-rata (26,56) pada kategori rendah, sebagian besar siswa tidak dapat pada tahap Mapping dan Applying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2009) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta
Aula, (2018) “Kemampuan Penalaran Analogi Siswa Dalam Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP Kelas VII”. Pontianak: Untan.
Dalyono, M. (2009) Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Daniarti, (2015) Kajian Mengenai Penalaran Ditinjau Dari Analogi Matematis Siswa Dalam Materi Aljabar di SMP Kemala Bhayangkari. Pontianak: Untan
Gusniwati, Mira. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk”. Jurnal Formatif, 5(1): 26-41. Diakses pada 10 Oktober 2015
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Isoda, M. & Katagiri, S. (2012) Mathematical Thingking How to Develop it in Classroom. Singapore: World Scientific.
Kariadinata, Rahayu. (2012) “Menumbuhkan Daya Nalar (Power Of Reason) Siwa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika”. Bandung: Jurnal STKIP Siliwangi.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Maarif, S. (2012) Meningkatkan Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran dengan Metode Discovery. Tesis pada Sekolah Pascasarjana UPI. Dipublikasikan
Maarif, Rahman, dan Risqi. (2014) “Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al – Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung / Vol.3 No.1
Mundiri. (2010). Logika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purwanto, N (2010) Prinsip – prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ramdani, Y., 2012. Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1), hlm. 44-52.
Sardiman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Shadiq, F. (2013). Penalaran dan Analogi? Pengertian dan Mengapa Penting? Artikel Widyaiswara PPPPTK Matematika.
Siregar, S., (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta
Siregar, Syofian. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sudarma, Momon. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, U., (2013). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.
Sumarmo, U. (2015). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
Ramdani, Y., (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1), hlm. 44-52.
Tangio. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal e-jurnal.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.