PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP LIMIT FUNGSI UNTUK MENGUATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN STRUKTUR KOGNISI
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menguatkan literasi matematis siswa melalui bahan ajar konsep limit fungsi. Pengembangan Bahan ajar konsep limit fungsi berdasarkan struktur kognisi. Karena bahan ajar konsep limit fungsi yang dikembangkan dapat memberikan gambaran secara jelas antar konsep disajikan. Selain itu dapat membangun struktur pengetahuan baru dengan memperkenalkan konsep-konsep baru dan menghubungkannya dengan yang sudah ada. Dengan demikian dapat menguatkan literasi matematis siswa dalam mempelajari konsep limit fungsi maupun matematika lanjutan. Sehingga bermanfaat sebagai pengetahuan dan bekal dalam memberikan pengajaran matematika kepada siswa, juga diharapkan dapat memberikan variasi dan pengalaman belajar bagi siswa dalam pembelajaran materi limit fungsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyati, R. (2016). Analisis Kesulitan Mempelajari Materi Limit Fungsi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Kasihan 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(8).
Casas-García, L. M., & Luengo-González, R. (2013). The study of the pupil’s cognitive structure: The concept of angle. European Journal of Psychology of Education, 28(2), 373–398.
Dewi, S. D. A. S., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Faktor Penyebab Siswa tidak dapat Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 134.
Hutauruk, A. (2017). ISBN 978-602-71252-1-6 Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) 2016 “Strategi Mengembangkan Kualitas Pembelajaran Matematika Berbasis Riset” Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati , Cirebon 6 Februari 2016. September.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.
Nirmala, M. D. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer yang Mempunyai Daya Serap Rendah Siswa Kelas XII. 3.
Pendidikan, J., & Indonesia, M. (2021). MEMPERKUAT KOMPETENSI SOSIAL MELALUI KEMERDEKAAN PEMBELAJARAN SISWA DENGAN MODEL RECIPROCAL’ LEARNING WITH RECIPROCAL TEACHING MODELS IN DISCRETE MATHEMATICS. 1–8.
Quirk, P. J. (2010). Using reciprocal teaching and learning to enhance comprehension in mathematics word problems. Massey University,Palmerston North New Zealand, 1=124.
Robiah, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Limit Fungsi Analysis of the Difficulty of Class XII Students in Solving Problems in the Material Limit Function. Equation, 3(1), 65–75.
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 1 No. 2 September 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.